Kenapa Ya Balita Kalau Marah Suka Mukul Diri Sendiri Gitu? Ini Alasannya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 5 Agustus 2020 10:17
Kenapa Ya Balita Kalau Marah Suka Mukul Diri Sendiri Gitu? Ini Alasannya
Ternyata karena ini.

Saat marah, anak biasanya akan menunjukkan perilaku yang berbeda-beda seperti melempar-lempar, nangis sambil teriak dan ada juga yang kalau marah malah mukul-mukul diri sendiri.

Lantas, kalau si kecil suka mukul dirinya kalau lagi marah itu kenapa ya? Tentu, Mom jadi ikut khawatir kalau anak berbuat gitu. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan anak begitu?

1 dari 2 halaman

Salah satu penyebabnya, bisa disebabkan karena masalah perkembangan motorik pada anak yang mengakibatkan anak jadi menyakiti dirinya sendiri ketika marah seperti itu. Kemudian, bisa pula karena selama ini si kecil belum tahu bagaimana sebenarnya cara yang benar untuk mengungkapkan amarah.

Nah, kalau yang ini bisa diatasi dengan mengajari si kecil bagaimana si kalau seseorang lagi marah itu atau dengan menunjukkan apa yang ibu lakukan ketika sedang marah sehingga anak akan belajar dari orang tua.

ilustrasi anak marah © Diadona

2 dari 2 halaman

Bisa pula disebabkan karena anak ingin diperhatikan oleh orang tuanya sehingga dia pun sampai berbuat demikian. Pastikan Mom memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup pada anak. Ketika dia nangis atau marah, cara terbaik untuk meredakan amarahnya yaitu dengan memeluknya.

Yang terakhir, bisa disebabkan karena anak mengalami sakit yang tidak disadari oleh ibu. Bila begini, coba tanyakan langsung pada anak, apa ada bagian di tubuhnya yang terasa sakit. Bila dia tak mengetahuinya, maka sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter anak agar segera mendapatkan perawatan medis.

Nah, itulah beberapa penyebab saat anak marah dan memukul dirinya sendiri serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar