Pengin Sehat, Ternyata Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Lalapan loh

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 9 Maret 2020 07:00
Pengin Sehat, Ternyata Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Lalapan loh
Selama kehamilan, memang banyak sekali pantangannya. Sabar ya, moms.

Siapa sih yanggak suka lalapan? Pasti hampir semua orang menyukai lalapan yang bahan utamanya dari sayuran mentah ini.

Sering menjadi konsumsi harian, karena memiliki sumber nutrisi, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh, namun cukup banyak orang yang menyarankan kepada ibu hamil untuk menghindari lalapan atau sayuran mentah ini.

Tapi sebenarnya apakah ibu hamil memang nggak boleh makan lalapan? Yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Lalapan © Diadona

Pakar kesehatan dari American Pregnancy Association menyebutkan bahwa sayuran mentah ternyata boleh-boleh aja dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya saja, pastikan untuk mencuci sayuran mentah ini hingga benar-benar bersih sebelum dikonsumsi.

Selain dicuci hingga bersih, sayuran juga sebaiknya direndam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam agar kuman-kuman pada sayuran ini bisa mati.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Kalau sayuran mentah ini nggak di cuci dengan baik, dikhawatirkan sayuran tersebut memiliki virus toksoplasma.

Parasit toksoplasma atau toksoplasmosis biasanya berada di daging mentah atau kurang matang, kotoran kucing hingga permukaan buah dan sayur mentah. Kalau ibu hamil terserang penyakit ini dapat menyebabkan penyakit di sistem saraf dan mata. Pada sejumlah kasus, toksoplasmosis bahkan menyebabkan keguguran!

Jadi, kamu masih bisa makan lalapan ataupun sayur mentah asalkan menjaga kebersihan dari sayur dan alat dapur yang di gunakan. Kalau mau lebih steril lagi, cobalah dengan makan masakan rumah.

Beri Komentar