Nggak Perlu Panik saat Anak Doyan Makanan Manis, Gini Cara Ngatasinya Moms

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 1 Juni 2020 13:15
Nggak Perlu Panik saat Anak Doyan Makanan Manis, Gini Cara Ngatasinya Moms
Tenang aja, semua bisa diatasi kok..

Makanan manis dan anak-anak memang sulit dipisahkan. Maka nggak mengherankan kalau si kecil doyan mengonsumsi makanan manis.

Kadar gula yang terkandung di dalamnya memang bisa menjadi salah satu sumber energi yang bermanfaat bagi pertumbuhan si kecil. Tapi jika dikonsumsi secara berlebih, maka akan memberikan efek yang tentu nggak baik dong Moms.

Jika anak Mama mulai menunjukkan tanda-tanda 'kecanduan' makanan manis, maka cara-cara berikut ini harus segera Mama terapkan deh.

1 dari 5 halaman

1. Berikan Makanan Sehat

Ilustrasi Anak Kecil Menyukai Makanan Manis © Diadona

Saat si kecil meminta makanan manis, Mama boleh banget lho memberikan makanan sehat. Perkenalkan makanan sehat pada si kecil, agar mereka tidak melulu mencari makanan manis.

Walau kadang rasanya nggak begitu menyenangkan, tapi makanan sehat bisa mengalihkan rasa lapar si kecil pada makanan manis.

2 dari 5 halaman

2. Usahakan si Kecil Makan Tepat Waktu

Mengutip dari The Healthy, saat si kecil menunda makan, kadar gula dalam tubuhnya akan menurun. Sehingga mereka cenderung mencari-cari makanan manis yang bisa dilahap.

Untuk itu, salah satu cara yang bisa diterapkan agar si kecil tidak kecanduan makanan manis yakni dengan memastikan agar si kecil makan tepat waktu setiap hari.

3 dari 5 halaman

3. Jangan Langsung Dilarang tapi Dikontrol

Ilustrasi Anak Kecil Menyukai Makanan Manis © Diadona

Mengutip dari independent.co.uk, biasanya si kecil akan semakin tergoda dan penasaran dengan larangan yang diberikan orang tuanya. Nah untuk itu, sebaiknya Mama jangan langsung melarang si kecil untuk mengonsumsi makanan manis.

Ada baiknya, jika Mama membatasi dan mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh si kecil. Biarkan si kecil mengonsumsi makanan manis, tapi tetap perlu dikontrol agar tidak jadi berlebihan.

4 dari 5 halaman

4. Perbaiki Pola Makan si Kecil

Memperbaiki pola makan si kecil juga bisa dilakukan saat di kecil mulai kecanduan makanan manis lho. Cara termudah yang bisa dilakukan yakni dengan mengubah camilan manis dengan makanan yang lebih sehat.

Healthline menyatakan bahwa buah-buahan, kentang, daging, dark chocolate, ikan, telur, serta makanan fermentasi bisa menjadi pengganti yang lebih bermanfaat.

5 dari 5 halaman

Makanan manis memang menyenangkan bagi si kecil, tapi jika dikonsumsi berlebih tentu bisa membawa efek yang kurang baik. Untuk itu, perhatikan pola makan si kecil dan hindarkan dia dari makanan yang tidak sehat ya Moms!

Beri Komentar