Moms Begini Lho Cara Menghemat Biaya Pengeluaran Rumah Tangga, Keluarga Tetap Makan Enak

Reporter : Kurnia
Kamis, 4 November 2021 16:53
Moms Begini Lho Cara Menghemat Biaya Pengeluaran Rumah Tangga, Keluarga Tetap Makan Enak
Moms dan keluarga tetap sehat dan masih bisa makan-makanan enak

Tidak begitu tampak seperti biaya pendidikan, nyatanya biaya hidup dan makan anggota keluarga adalah bagian terbesar yang sering tidak masuk dalam daftar pengeluaran bulanan.

Menghabiskan banyak biaya, pengaluaran rumah tangga pada dasarnya masih bisa diakali lho, Moms. Biaya makan sampai anggaran belanja bisa dihemta dengan cara-cara yang efektif. Sehingga tidak akan mengganggu jumlah konsumsi apalagi mengurangi nutrisi keluarga tercinta.

1 dari 6 halaman

Fakta berbicara jika memiliki anak-anak hingga remaja menjadi beban pengeluaran terbesar bagi anggaran pengeluaran rumah tangga. Menjadi pengeluaran terbesar, bagaimana sih cara mengehemat biaya pengeluran makan dalam rumah tangga?

Dikutip dari laman Verywellfamily.com, memesan makanan cepat saji atau menghabiskan jam makan bersama keluarga di restoran secara terus-menerus bisa menjadi pembengkakan pengeluaran rumah tangga lho, Moms.

Bahkan semuanya jauh lebih mahal daripada memasak makanan segar di rumah sendiri. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa sering memasak makanan di rumah tidak hanya membantu memastikan keluarga makan makanan yang sehat dan bergizi, tetapi juga menghemat uang. 

2 dari 6 halaman

Fakta lain ditunjukkan oleh para peneliti yang menemukan bahwa masakan rumahan menghasilkan pengurangan pengeluaran makanan per kapita hampir 60 dollar per bulan. Memasak di rumah juga membantu mengurangi biaya jauh dari rumah hingga 70 dollar per bulan. Dalam rata-rata, Moms bisa menghemat biaya pengeluaran sampai hampir Rp2 juta rupiah dalam setiap bulannya.

Namun, tujuan memasak di rumah bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk keluarga yang sibuk, karena satu hal yang orang tua saat ini sering kekurangan lebih dari uang adalah waktu. Selain itu, mungkin menakutkan untuk pulang kerja dan mulai memasak, tetapi di sinilah disiplin diri berperan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Moms tetap memasak di rumah.

3 dari 6 halaman

Luangkan waktu untuk memasak

Ilustrasi Memasak © Diadona

Sisihkan waktu Moms untuk memasak terlebih dahulu ini bisa sebulan sekali, seminggu sekali, atau di antaranya. 

Selain itu, pastikan Moms memiliki pilihan menu makan malam yang mudah dimasak dan disimpan dari freezer pada hari kerja seperti sepotong roti dan pisang untuk bekal ke kantor dan anak ke sekolah.

4 dari 6 halaman

Punya Pilihan Resep

Ilustrasi Memasak © Diadona

Membuat makan di rumah menjadi lebih bervariasi dan berwarna dengan beragam resep pilihan. Memasukkan daftar masakan untuk buah hati dan keluarga bisa menjadi sajian yang tidak membosankan untuk Moms dan keluarga. Dengan begitu, Moms tidak perlu lagi memesan makanan dari luar.

5 dari 6 halaman

Rencanakan makanan Moms sebelumnya

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Pulang kerja dan tidak tahu apa yang harus dimasak adalah rute termudah untuk dibawa pulang. Moms dapat menghindari ini dengan menyusun menu mingguan dan merencanakan beberapa makanan freezer untuk malam yang Moms tahu akan terlalu sibuk atau terlalu lelah untuk memasak.

Beri Komentar