5 Asupan Makanan Diet Sehat saat Hamil, Jangan Sembarangan ya Moms!

Reporter : Mila
Kamis, 4 November 2021 11:57
5 Asupan Makanan Diet Sehat saat Hamil, Jangan Sembarangan ya Moms!
Diet saat hamil boleh-boleh saja, asal tetap jaga kesehatan ya.

Menjaga pola makan untuk memenuhi nutrisi tentu sangat dibutuhkan selama masa-masa kehamilan. Tapi, tidak jarang ibu hamil ingin berusaha menurunkan berat badan atau sekadar membatasi kalori dengan cara diet.

Perlu diketahui Moms, diet selama hamil pun perlu dijalani dengan hati-hati agar tidak terlalu berlebihan. Moms harus pintar memilih jenis asupan makanan diet saat hamil agar tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan janin.

Apa saja? Catat beberapa makanan diet saat hamil ini ya, Moms!

1 dari 4 halaman

Buah-buahan

Ilustrasi ibu hamil makan buah © Diadona

Buah jadi salah satu makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani masa-masa kehamilan. Beberapa buah yang bisa jadi pilihan camilan sehat saat hamil karena memiliki kandungan vitamin C dan serat seperti buah kiwi, melon, pepaya, stroberi.

Selain sebagai menu diet, kandungan vitamin C dari buah-buahan dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bugar selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah bervitamin C turut membantu plasenta berkembang dan bekerja dengan baik  Tak hanya itu, ibu hamil yang mengonsumsi makanan berserat juga bisa mencegah terjadinya sembelit. 

2 dari 4 halaman

Telur

Ilustrasi telur rebus © Diadona

Pada dasarnya telur merupakan jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Telur sebagai makanan yang mudah didapat mengandung cukup banyak protein hewani. Selain itu, telur mengandung mineral dan banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, selenium, asam folat dan zink.

Selain dapat memenuhi kebutuhan folat, ibu hamil yang mengonsumsi telur juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin, meningkatkan daya ingat hingga baik untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan. 

3 dari 4 halaman

Ikan Salmon

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona

Ikan salmon menjadi salah alternatif makanan untuk diet sehat tinggi protein selama hamil. Tak hanya bermanfaat sebagai menu diet, ikan salmon yang dikonsumsi ibu hamil bisa meningkatkan perkembangan otak janin selama masih ada di dalam kandungan. 

Perlu diketahui bahwa ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang penting bagi perkembangan sistem saraf janin. 

Saat mengonsumsi ikan salmon, sebaiknya tetap dalam jumlah yang terbatas dan tidak boleh berlebihan. Ingat juga pastikan olahan salmon yang dikonsumsi harus sudah matang sempurna ya, Moms.

4 dari 4 halaman

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan © Diadona

Melansir Huffington Post, seorang obgyn dari New York mengatakan bahwa ibu hamil di awal-awal kehamilan perlu mendapatkan nutrisi baik termasuk dari camilan yang harus sehat.

Demi meningkatkan nutrisi pada ibu hamil yang sedang menjalani diet, ada beberapa jenis kacang yang bisa menjadi pilihan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang polong hingga kacang kedelai. Masing-masing jenis kacang tentu memiliki kandungan serat yang bermanfaat positif. 

Itulah Moms beberapa menu makanan diet yang bisa dikonsumsi selama hamil. Kalau masih ragu, Moms bisa konsultasikan pada dokter kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar