5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Si Kecil, Bangun Kepercayaan Diri sampai Tanggung Jawab

Reporter : Kurnia
Kamis, 2 Desember 2021 15:56
5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Si Kecil, Bangun Kepercayaan Diri sampai Tanggung Jawab
Ternyata memelihara hewan itu memiliki banyak manfaat ya, Moms

Emang bener ya?

Yups, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan menyatakan jika memiliki hewan peliharaan dapat memberikan beberapa manfaat lebih. Mulai dari pertumbuhan, kasih sayang, bahkan juga bisa membangun kepercayaan diri dan meningkatkan tanggung jawab loh, Moms.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa saat memiliki hewan peliharaan itu bisa bermanfaat bagi anak-anak.

Hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan bahkan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Penelitian lain yang mengamati interaksi antara manusia dan hewan menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat mengurangi kadar kortisol, mengurangi kesepian, meningkatkan mood, dan meningkatkan perasaan dukungan sosial.

Lantas, apa saja manfaat dari memelihara hewan untuk pertumbuhan si kecil? Seperti dikutip dari familyhealth.com, berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan oleh anak-anak saat mereka memiliki hewan peliharaan.

1 dari 5 halaman

Memberikan Cinta dan Penerimaan Tanpa Syarat

Ketika seorang anak tumbuh bersama hewan peliharaan, tidak ada rasa takut akan penghakiman atau penolakan. Anak-anak tahu bahwa hewan peliharaan mereka mencintai mereka apa pun yang terjadi.

Bahkan anak-anak akan merasa jika hewan peliharaannya tidak peduli apa yang mereka kenakan, bagaimana penampilan mereka, atau seberapa populer mereka. Mereka mencintai mereka apa adanya, yang merupakan bagian penting dari kepemilikan hewan peliharaan.

2 dari 5 halaman

Mengajarkan Tanggung Jawab

Ilustrasi anak dan hewan peliharaan anjingIlustrasi anak dan hewan peliharaan anjing © 2019 https://www.diadona.id / @ petlikethat

Setiap orang tua tahu bahwa mengajar anak-anak bagaimana bertanggung jawab bukanlah tugas yang mudah. Lagi pula, sulit untuk membuat anak-anak mengingat untuk mengambil makan siang mereka sebelum sekolah, merapikan tempat tidur, atau bahkan menyikat gigi. 

Tetapi Moms, memiliki hewan peliharaan adalah motivator yang hebat untuk mengajarkan tanggung jawab karena sekarang anak-anak memiliki makhluk hidup lain yang bergantung pada mereka untuk merawatnya.

3 dari 5 halaman

Membangun Harga Diri dan Kepercayaan Diri

Ilustrasi anak dan hewan peliharaanIlustrasi anak dan hewan peliharaan © 2019 https://www.diadona.id/fetchpetcare.com

Memiliki hewan peliharaan membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Tetapi jika Moms mengizinkan si kecil untuk berpartisipasi dalam tugas-tugas yang datang dengan kepemilikan hewan peliharaan, mereka akan mengembangkan rasa pencapaian setelah menyelesaikan setiap tugas. 

Merawat hewan peliharaan juga dapat membantu mereka membangun rasa kemandirian dan otonomi terutama ketika anak-anak Moms cukup dewasa untuk menangani tanggung jawab ekstra itu sendiri.

4 dari 5 halaman

Membangun Empati dan Kasih Sayang

ilustrasi hewan peliharaanilustrasi hewan peliharaan © komando.com

Pada dasarnya, hewan peliharaan bergantung pada manusia untuk merawatnya. Mereka tidak dapat membuat makanan sendiri atau mengisi ulang mangkuk air mereka. Hewan perliharaan Moms di rumah bahkan mengandalkan sang pemilik. Oleh karenanya, ketergantungan mereka pada orang lain untuk merawatnya inilah yang seringkali memicu empati dan kasih sayang pada anak.

Saat memiliki hewan peliharaan, si kecil mulai belajar untuk melihat keluar dari diri mereka sendiri dan mempertimbangkan bagaimana rasanya berada di posisi orang lain, bahkan jika seseorang itu adalah hewan peliharaan. 

Moms bisa menggunakan kepemilikan hewan peliharaan sebagai cara untuk mengajari anak-anak tentang pentingnya menghormati bentuk kehidupan lain. Bahkan mereka juga dapat berbicara tentang bagaimana perasaan hewan peliharaan mereka ketika diabaikan atau dilupakan.

5 dari 5 halaman

Mengurangi Stres

Ilustrasi anak dan hewan peliharaanIlustrasi anak dan hewan peliharaan © 2019 https://www.diadona.id/fetchpetcare.com

Hidup bisa menjadi stres terutama untuk anak-anak dan remaja. Dengan tantangan akademis, perjuangan persahabatan, dan bahkan tekanan untuk berhasil, anak-anak sering menghadapi banyak hal.

Di sisi lain, hewan peliharaan bisa menjadi salah satu objek yang mampu mengurangi tingkat kecemasan dan stress sang pemilik, loh. Selain cinta dan persahabatan yang mereka berikan secara naluriah, ada perubahan fisiologis yang terjadi dalam diri seorang anak ketika mereka membelai atau bermain dengan hewan peliharaan mereka, Moms.

Beri Komentar