Cara Sikapi Bayi yang Suka Memasukkan Tangan ke Mulut

Reporter : Riza Umami
Rabu, 1 Desember 2021 08:17
Cara Sikapi Bayi yang Suka Memasukkan Tangan ke Mulut
Boleh gak sih Mom?

Kebiasaan mengisap tangan tak bisa dipisahkan dengan bayi. Biasanya, bayi yang baru beberapa bulan lahir ke dunia ini sangat menyukai aktivitas yang satu ini. Namun, apakah hal ini aman ya Mom untuk bayi?

Sebagian ibu mungkin khawatir ketika bayinya suka memasukkan tangan ke mulut seperti ini karena takut ada kuman sehingga mereka pun melarang si kecil mengisap jari-jari tangannya.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari laman mamaschoice.id, kegiatan yang satu ini sebenarnya sangat wajar dilakukan oleh bayi. Mengisap jari-jari tangan ini pun juga merupakan salah satu bagian dari tahap perkembangan anak.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2021 kelvin octa from Pexels

2 dari 5 halaman

Selain itu, bayi pun memiliki alasan tertentu mengapa mereka suka memasukkan tangannya ke mulut seperti ini. Salah satu sebabnya karena bayi sedang teething ketika ia mulai tumbuh gigi. Karena gusinya terasa sakit, anak pun jadi ingin menggosokkannya dengan jari-jari tangannya agar terasa lebih baik.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/id/g/dusanfotopetkovic

3 dari 5 halaman

Selain itu, memasukkan tangan ke mulut seperti ini merupakan salah satu bahasa isyarat bayi kepada ibunya ketika mereka sedang merasa lapar. Kalau lagi begini, Mom harus lebih peka ya.

Kemudian, bisa juga penyebabnya karena anak merasa bosan. Awalnya, saat baru lahir mereka lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Namun, lama-kelamaan mereka pun mulai lebih banyak terbangun. Kalau lagi bosan karena gak diajak bermain, anak pun jadi mengisap jari-jari tangannya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi BatukIlustrasi Bayi Batuk © unsplash.com / Jelleke Vanooteghem

Oleh sebab itu, cara menyikapi kebiasaan bayi yang satu ini yaitu dengan tidak melarang anak saat ia memasukkan tangannya ke dalam mulut. Daripada menghalang-halangi si kecil, ibu lebih baik berusaha untuk selalu menjaga kebersihan tangan anak agar terhindar dari kuman dan bakteri.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar