Memangku Bayi di Dalam Mobil Bisa Jadi Keputusan yang Kamu Sesali, Orang Tua Harus Waspada!

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 18 Maret 2020 17:27
Memangku Bayi di Dalam Mobil Bisa Jadi Keputusan yang Kamu Sesali, Orang Tua Harus Waspada!
Meskipun terlihat aman, kenyataannya justru berbahaya lho.

Hampir semua keluarga yang biasa bepergian dengan mobil punya kebiasaan untuk memangku bayinya.

Membiarkan bayi duduk di atas pangkuan sambil memeluknya memang dirasa aman karena dengan begitu orang tua merasa bisa lebih mengontrol keadaan anak. Walaupun pada kenyataannya, memangku bayi di dalam mobil nggak bisa dibilang seaman itu, bahkan lebih berbahaya.

Itulah yang tercermin dari peristiwa yang dialami oleh Kelly Lim.

1 dari 4 halaman

Ceritakan lewat status Facebook

Kelly, seorang ibu yang berdomisili di Perak, Malaysia, mendapatkan musibah yang menjadi pembelajaran karena kelalaiannya dalam mengabaikan standar keamanan berkendara.

Xuan Xuan duduk di car seat © Diadona

Dalam unggahan Facebook-nya pada tahun 2015, Kelly menceritakan pengalama buruk yang hampir membuat dia kehilangan buah hatinya itu.

Suatu hari di bulan Oktober 2013, Kelly sekeluarga sedang berada dalam perjalanan pulang ke rumah mengendarai mobil. Suami Kelly menyetir sementara Kelly duduk di kursi sebelahnya. Di kursi belakang duduk ibunda Kelly bersama Xuan Xuan, bayi Kelly yang saat itu baru berusia dua bulan tiga hari.

Awalnya Xuan Xuan duduk di jok khusus bayi, namun kemudian ibu Kelly memindahkannya ke pangkuan karena terus-menerus rewel sepanjang jalan. Setelahnya semua berjalan lancar saja.

2 dari 4 halaman

Musibah tak terduga

Sampai kemudian mobil tersebut ditabrak oleh mobil lain yang melaju kencang dari arah belakang. Mobil yang ditumpangi Kelly sekeluarga berputar tak terkendali dan berhenti setelah masuk ke sebuah parit besar.

Kelly bersama suami, ibunda, dan Xuan Xuan keluar lewat jendala dari mobil yang sudah terbalik itu. Semua hanya menderita luka ringan, namun nggak begitu dengan Xuan Xuan. Kepalanya membengkak. Beruntung si penabrak bertanggung jawab dan segera mengantarnya ke rumah sakit.

Xuan Xuan terbaring di rumah sakit © Diadona

Di rumah sakit, kesadaran Xuan Xuan terus menurun. Kelly bahkan sempat putus asa dan mengira akan kehilangan bayinya tersebut.

" Tubuhnya yang kecil dan rapuh terbaring di tempat tidur rumah sakit. Banyak yang mencoba menyemangati tapi aku merasa nggak berdaya," tuturnya dalam status Facebook tersebut.

3 dari 4 halaman

Kondisi kritis mulai membaik

Xuan Xuan terbaring di rumah sakit © Diadona

Xuan Xuan dirawat selama sepuluh hari. Pada hari ke sebelas, Xuan Xuan harus dibantu selang untuk mengalirkan darah beku dari otak. Beruntung keadaannya berangsur membaik. Xuan Xuan pun pulih hingga kini. Kelly menganggapnya sebagai pelajaran yang mahal harganya.

" Anak adalah harta paling berharga yang harus dilindungi dengan baik," tutup Kelly.

Kalau memangku bayi ternyata adalah cara yang berbahaya, bagaimana sebenarnya cara yang lebih aman?

4 dari 4 halaman

Tips aman membawa anak di dalam mobil

  • Pilih car seat sesuai usia, tinggi badan, dan berat anak
  • Pastikan car seat menempel dengan baik di jok mobil
  • Dudukkan anak di car seat dengan sabuk pengamat yang terkait dengan benar
  • Selalu dudukkan anak di kursi belakang karena itu adalah tempat teraman baginya, setidaknya sampai berusia 13 tahun
  • Jika orang tua bepergian berdua (ayah dan ibu), ada baiknya salah satu duduk di belakang untuk lebih memastikan keamanan anak

Ilustrasi bayi di car seat © Diadona

Semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi para keluarga yang sering bepergian bersama bayinya sehingga nggak perlu mengalami apa yang dialami oleh Kelly dan Xuan Xuan.

Drive safe, parents!

Beri Komentar