Kapan Seharusnya Bayi Sudah Mulai Bisa Bicara?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 22 Desember 2020 07:37
Kapan Seharusnya Bayi Sudah Mulai Bisa Bicara?
Bicara merupakan salah satu tonggak perkembangan bayi.

Menjadi orang tua baru tentu terasa membahagiakan bagi kita. Rasanya kita ingin selalu berada di samping bayi kita dan nggak mau ketinggalan momen-momen pertama perkembangannya.

Namun di samping itu, tonggak perkembangan anak terkadang cukup membuat orang tua merasa khawatir. Kita tentu nggak ingin anak terlambat mengalami perkembangan dan tertinggal dibandingkan dengan yang lain.

Salah satu yang cukup sering menjadi bahan pembicaraan adalah tentang kemampuan bicara anak. Kenyataannya fenomena terlambat bicara memang cukup sering terjadi pada anak saat ini.

Hal ini kemudian mungkin menimbulkan pertanyaan sebenarnya kapan sih seharusnya bayi sudah mulai mengembangkan kemampuan bicara? Temukan jawabannya di sini yuk!

1 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Dilansir dari Parents, sebagian besar bayi perlu bisa merangkak sulu sebelum bisa berjalan. Begitu juga dengan bicara, bayi harus mengoceh dulu sebelum bicara.

Menurut Sherry Artemenko, ahli patologi bahasa wicara, mengoceh merupakan tonggak penting pada bayi karena hal itu merupakan awal dari komunikasi nyata mereka. Bayi mulai bereksperimen dengan suara, mendengarkan reaksi, memberikan respon, dan membangun hubungan sosial.

2 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Keterampilan verbal bayi akan berkembang bertahap seiring dengan matangnya mekanisme vokal dan semakin dekatnya bayi dengan lingkungan. Bayi biasanya akan mulai mengoceh pada usia sekitar 4 bulan.

Diane Paul, Ph.D., direktur masalah klinis dalam patologi bahasa wicara, menjelaskan celotehan pertama pada bayi seringkali menyertakan bunyi " p," " b," dan " m" . Jadi kita akan mendengar banyak suara seperti " puh puh puh," " buh buh buh," dan " muh muh muh" pada awalnya.

3 dari 4 halaman

ilustrasi bayi main © Diadona

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah kata yang diucapkan pada bayi secara positif juga bisa memengaruhi perkembangan bahasa mereka. Jadi kita bisa menggunakan kata-kata yang tepat saat berbicara, membaca, dan bernyanyi untuk bayi.

Setelah bayi berlatih menggunakan bibir dan lidahnya untuk membuat suara, pada usia sekitar 6 hingga 7 bulan, celotehan bayi akan mulai berkembang seperti ucapan. Kita akan mendengar lebih banyak variasi suara seperti " ba ba-pa-ta-bi-bi-bi" .

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Selanjutnya, Sherry mengungkapkan bahwa bayi akan mulai berbicara dengan jelas dan lancar menjelang akhir tahun pertama mereka. Bayi akan mengoceh lebih panjang dengan suku kata pendek yang nggak masuk akal.

Mereka juga menggunakan intonasi dan ritme yang ditirunya dari orang dewasa. Di ulang tahun pertama, bayi biasanya akan mengucapkan kata-kata pertama seperti " hai" , " dada" , hingga " mama" .

Jadi, apa kata pertama yang diucapkan oleh bayi kamu?

Beri Komentar