Cara Agar Sikat Gigi Terasa Menyenangkan untuk Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Kamis, 24 Desember 2020 08:17
Cara Agar Sikat Gigi Terasa Menyenangkan untuk Si Kecil
Gimana ya caranya?

Menyikat gigi adalah salah satu kebiasaan penting yang perlu diajarkan oleh orang tua pada anak sejak dini. Biasanya, anak perlu menyikat giginya dua kali dalam sehari agar terhindar dari bakteri dan plak yang bisa menyebabkan masalah di gigi.

Sayangnya, sebagian anak biasanya susah banget kalau disuruh untuk sikat gigi oleh orang tuanya apalagi kalau malam-malam. Mereka ogah-ogahan dan malas untuk menyikat giginya tetapi suka banget makan makanan yang manis-manis. Tentu hal ini bisa menjadi penyebab gigi anak pun jadi berlubang.

1 dari 3 halaman

Nah, kemudian bagaimana sih caranya agar sikat gigi ini terasa menyenangkan dan seru untuk anak? Dilansir dari laman m.klikdokter.com, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk merayu si kecil biar mau sikat gigi.

ilustrasi anak sikat gigi © Diadona

Yang pertama, Mom perlu memberikan contoh dulu pada si kecil cara menyikat gigi yang benar. Sikat gigi yang benar ini yaitu saat gusi, gigi atas, bawah, belakang dan lidah bersih semua. Jika anak masih kesusahan untuk melakukannya, dampingi dia dan bantu pegangi tangannya agar lebih mudah digerakkan.

2 dari 3 halaman

Kemudian, bila ditemani oleh ibu seperti ini, biasanya sikat gigi akan terasa lebih menyenangkan untuk anak. Namun yang perlu diingat, jangan sampai memarahi anak saat dia membuat kesalahan ketika lagi sikat gigi tetapi ajari dengan cara yang baik dan mudah dimengerti anak.

Berikutnya, Mom bisa membuat semacam kompetisi untuk menyikat gigi bagi anak. Misalnya, dengan cara menyiapkan kalender dan stiker yang lucu-lucu. Kemudian, setiap kali anak selesai menyikat giginya, Mom pun akan menempelkan stiker di tanggal tersebut. Apabila, stikernya tertempel semua tanpa ada yang kosong, maka anak nanti akan mendapatkan hadiah dari Mom.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Sikat Gigi © Diadona

Selanjutnya, ibu pun bisa mencoba bermain peran bersama anak saat lagi sikat gigi biar terasa makin menyenangkan. Caranya seperti pura-pura jadi superhero yang mempunyai tugas untuk membasmi kuman yang bersarang di dalam mulut. Lalu, ibu dan anak pun perlu menyikat gigi untuk bertempur melawan para kuman tersebut. Agar makin seru, si kecil juga bisa menggunakan kostum superhero favoritnya.

Terakhir, pilihkan anak pasta gigi yang lucu dan menarik untuk anak agar dia makin semangat sikat giginya. Untuk anak di bawah 3 tahun, lebih baik memilih pasta gigi tanpa fluoride atau yang rendah fluoride karena biasanya anak masih kerap menelan pasta gigi yang dia gunakan untuk sikat gigi. Kemudian, ibu juga bisa membawakan anak mainan favoritnya biar makin seru sikat giginya. Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan. Semoga membantu, Mom.

Beri Komentar