Ini Usia Terbaik Buah Hati Mulai Disekolahkan Mom

Reporter : Riza Umami
Selasa, 20 September 2022 21:40
Ini Usia Terbaik Buah Hati Mulai Disekolahkan Mom
Ternyata, menyekolahkan anak terlalu dini justru bisa memberikan dampak kepada buah hati Mom.

Sejumlah orang tua memilih untuk sesegera mungkin menyekolahkan anaknya karena berbagai alasan. Ada yang karena aktivitas di sekolah dirasa lebih baik daripada hanya main HP di rumah atau karena orang tua sibuk kerja dan berbagai alasan lainnya.

Namun, menyekolahkan buah hati terlalu dini justru bisa memberikan dampak kepada anak. Diketahui dari video yang dibagikan melalui akun TikTok @balitasmartcenter, seorang psikolog bernama Elly Risman menjelaskan tentang hal ini.

1 dari 4 halaman

Bunda Elly Risman mengatakan bahwa usia anak yang paling cocok untuk mulai sekolah yaitu di usia 7 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, pusat-pusat di otak sudah bersambungan.

Sayangnya, Bunda Elly mengatakan bahwa sekarang banyak orang tua yang berbondong-bondong menyekolahkan anaknya di TK sejak dini dan di usia di bawah 7 tahun. Bahkan, beberapa mulai menyekolahkan anak di usia 5 tahunan.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak sekolahilustrasi anak sekolah © chatelaine.com

Bunda Elly kemudian menjelaskan bahwa sebenarnya anak lebih nyaman bermain bersama dengan orang tuanya di rumah. Mom pun sebetulnya tak perlu terlalu memikirkan tentang fasilitas karena permainan yang terbaik adalah tubuh ibu.

3 dari 4 halaman

Ada banyak permainan sederhana yang bisa ibu buat untuk jadi mainan anak misalnya box sepatu dikasih beberapa lubang kemudian dimasukkan tali rafia sehingga nanti bisa dimainkan oleh anak.

Selain itu, masih banyak lagi ide permainan yang bisa dilakukan bareng anak dengan menggunakan barang-barang sederhana di rumah, tinggal bagaimana kreativitas orang tua dalam memanfaatkan benda-benda sekitar jadi mainan anak tersebut.

4 dari 4 halaman

Bila di sekolah, meski mungkin anak akan belajar sambil bermain, tetapi terkadang ia tak mau mengerjakan tugas dari gurunya sampai-sampai gak mau masuk sekolah. Belum lagi kalau ada teman yang sering mengganggunya di sekolah.

Anak yang masih kecil memang butuh menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang tua. Jangan terburu-buru menyekolahkan anak hanya karena teman sebayanya sudah pada disekolahkan. Masukkan anak ke sekolah bila usianya memang sudah cukup. Gimana nih menurut Mom?

Beri Komentar