Ini nih Cara Marah ke Anak Tanpa Kelihatan Nyeremin Mom

Reporter : Riza Umami
Selasa, 11 Januari 2022 09:17
Ini nih Cara Marah ke Anak Tanpa Kelihatan Nyeremin Mom
Gimana ya caranya?

Tingkah laku anak tentu ada-ada saja ya Mom. Terkadang lucu tetapi terkadang jengkelin dan mungkin bikin kesel hingga marah. Namun kalau terus-terusan marahin anak, hal tersebut bisa berefek buruk untuk anak.

Lantas, apakah kira-kira bisa marah ke anak tanpa terlihat menyeramkan atau menyakiti perasaannya? Ternyata, hal ini dapat dilakukan lho Mom dan ada caranya tersendiri. Kira-kira bagaimana ya caranya?

1 dari 4 halaman

Salah satu video dari akun TikTok @1001tanyajawabparenting, memberikan penjelasan singkat perihal cara marah yang gak nyeremin buat anak ini. Ada tiga cara sederhana yang bisa coba untuk dilakukan.

Yang pertama yaitu dengan menjadi monster pemakan segalanya. Gunakan imajinasi Mom dan berubahlah menjadi monster di depan anak. Namun, monster di sini bukan yang menyeramkan tetapi lebih ke menyenangkan bagi buah hati.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Misalnya, ibu bisa mengatakan kalau Mom sedang marah dan berubah jadi monster. Kemudian, Mom mulai memakan bagian-bagian tubuh anak. " Bunda marah dan berubah jadi monster. Sini bunda makan, hap, hap, hap" , ibu bisa mengatakan hal seperti itu sambil pura-pura memakan tangan dan pipi anak sembari memeluknya.

Kemudian cara yang kedua, ibu bisa berpura-pura kehilangan anaknya. Katakan bahwa ibu telah kehilangan anak yang baik dan gak nakal serta patuh kepada orang tua. Lalu, buatlah seolah-olah ibu tak melihat anak dan tak bisa mendengar suaranya.

3 dari 4 halaman

Ini contoh kalimat yang bisa dikatakan, " Di mana ya anak Mom yang rajin dan baik hati? Oh mungkin ketinggalan di sekolah ya belum dijemput" . Walau anak mengatakan apa pun, biarkan saja dan anggap seolah-olah dia tak ada hingga anak bersikap baik atau meminta maaf atas perilakunya. Kemudian, peluklah anak kembali.

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock.com/Asada Nami

Yang terakhir yaitu cobalah untuk meniru apa yang dilakukan oleh anak. Saat anak menangis, ibu bisa pura-pura ikut menangis juga. Kemudian, ulangi kata-kata yang diucapkan oleh anak sembari diberikan penambahan kalimat.

4 dari 4 halaman

Sebagai contoh anak mengatakan kalau ia mau mainan. Lalu, ibu mengatakan kalau Mom mau beli mainan sekarang, tetapi ternyata uangnya belum cukup sehingga harus sabar dulu dan menabung agar bisa membeli mainan tersebut. Dengan begitu, anak mulai paham bahwa keinginannya tak bisa langsung dituruti dan dia harus belajar menabung untuk membeli barang yang dia mau.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu coba lakukan berdasarkan kepada Derry Oktriana Syofiadi, selebgram yang sering membagikan informasi seputar parenting melalui akun Instagram-nya. Semoga cara di atas cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar