Ini Beberapa Cara Praktis untuk Menstimulasi Indra Penciuman Anak

Reporter : Riza Umami
Minggu, 4 Oktober 2020 08:17
Ini Beberapa Cara Praktis untuk Menstimulasi Indra Penciuman Anak
Cara untuk merangsang indra penciuman anak.

Berbagai indra anak sudah mulai berkembang sejak si kecil ada di dalam kandungan, termasuk juga indra penciuman. Reseptor untuk mencium bau ini biasanya akan terbentuk sejak usia kehamilan mencapai minggu ke-10.

Ketika anak sudah lahir, ia sudah bisa mengenali aroma ASI yang baunya mirip dengan air ketuban yang ada di dalam rahim. Hal ini pun akan begitu membantu anak agar mau menyusu pada ibunya.

1 dari 3 halaman

Meski indra penciuman anak ini terus berkembang, ibu pun perlu melakukan beberapa hal untuk menstimulasi indra penciuman anak ini agar makin tajam dan bisa mengenali lebih banyak aroma yang ada di sekitarnya.

Dilansir dari laman klikdokter.com, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan ketika berada dalam fase menyusui. Hal ini akan berpengaruh pada rasa ASI sehingga anak pun akan mencium bau yang berbeda ketika sedang menyusu pada ibu.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan anak mencium aroma ibunya. Tak perlu terlalu banyak memakai wewangian seperti parfum, losion, deodoran dan lain sebagainya karena nanti anak bisa bingung dengan bau ibu. Sebaiknya, gunakan secukupnya saja yang wanginya tidak menyengat agar anak pun bisa dengan mudah mengenali aroma ibunya.

Untuk memudahkan anak mencium bau ibu, bisa juga dengan cara sering menggendongnya atau memeluknya. Hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan ikatan antara ibu dan anak serta si kecil pun sudah terbiasa mencium aroma tubuh ibunya.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Berkebun © Diadona

Selanjutnya, jika anak sudah makin besar, mulailah untuk melatih indra penciumannya ini di lingkungan sekitar rumah. Ibu bisa mengajak anak bermain di taman sambil mencium aroma beberapa bunga, buah dan lain sebagainya.

Yang terakhir, ajak anak untuk berjumpa dengan orang lain dan bersosialisasi dengan teman-teman seumurannya. Biasanya, masing-masing anak ini memiliki aroma badan yang berbeda-beda sehingga hal ini pun juga akan baik untuk melatih indra penciuman anak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi indra penciuman anak. Kalau Mom punya cara lainnya silahkan tulis di bawah ini ya. Semoga membantu.

Beri Komentar