15 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi dan Ibu Hamil, Hindari ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 20 Agustus 2020 06:39
15 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi dan Ibu Hamil, Hindari ya!
Secara umum, penyebab sembelit adalah makanan yang mengandung serat rndah. Tapi, apa aja ya?

Biar lebih memahami mengenai apa sih penyebab sembelit, kayaknya kamu harus tahu dulu deh mengenai proses penyerapan makanan dalam tubuh.

Jadi gini,usus besar kita punya tugas yakni untuk menyerap air dari sisa makanan saat melewati sistem pencernaan, yang pada akhirnya akan menciptakan tinja.

Otot usus besar mendorong tinja keluar melalui rektum untuk kemudian dibuang. Naha, kalau tinja berada di usus besar terlalu lama, tinja jadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan. Inilah yang kemudian disebut dengan sembelit.

1 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Sembelit

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/Flotsam

Dan ya, makanan kayak serat dan asupan air yang cukup diperlukan untuk membantu menjaga tinja biar tetap lembut dan mudah dikeluarkan. Sebaliknya, ada juga makanan yang justru jadi penyebab sembelit.

Dikutip dari Healthline, apa aja tuh?

Alkohol

alkohol memang disebut sebagai penyebab sembelit. Kenapa? karea konsumsinya dalam jumlah banyak bakalan eningkatkan jumlah cairan yang hilang melalui urin, menyebabkan dehidrasi.

Hirasi yang buruk karena ngak cukup minum atau kehilangan banyak air bakalan jadi penyebab sembelit.

Makanan yang Mengandung Gluten

Meski nggak menimpa semua orang, tapi gluten bisa jadi penyebab sembelit lho.

Biji-Bijian Olahan

Biji-bijian olahan dan produknya, seperti roti putih, nasi putih, dan pasta putih, punya kandungan serat yang lebih rendah sehingga lebih mungkin jadi penyebab sembelit.

Ini terjadi karena dedak dan bagian benih dari biji-bijian ini dihilangkan selama pemprosesan. Padahal, dedak mengandung serat cukup tinggi,

Susu dan Produk Susu

Produk susu bisa jadi penyebab sembelit pada sebagian orang. Ini terjadi terutama pada bayi, balita dan anak-anak karena kepekakaan mereka pada protein yang ditemukan pada susu sapi.

Daging Merah

Daging merah bisa jadi penyebab sembelit karena dua hal,yakni

  • Mengandung sedikit serat, yang menambah massa kotoran
  • Konsumsi daging merah secara nggak langsung akan mengurangi asupan serat harian total seseorang karena volume perut terisi dengan daging ini

Gorengan atau Makanan Cepat Saji

Ini karena makana tersebut cederung tinggi lemak dan rendah serta, kombinasi yang bisa memperlambat pencernaan yang sama seperti pada daging merah.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sembelit pada Bayi

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/MIA Studio

Meskipun sangat jarang nih bayi yang masih mengkonsumsi makanan cair mengalami sembelit, tapi ini memang bsia terjadi. Bayi yang diberi susu formula secara ekskulsif lebih mungkin terkena sembelit ketimbang bayi ASI.

Intoleransi Protein Susu

Intoleransi protein susu adalah salah satu penyebab sembelit pada bayi. Formula bisa mengencangkan kotoran lebih dari ASI.

Nggak cuman apa yang dikonsumsi bayi, namun produk susu dalam makanan ibu yang disalurkan melalui ASI juga sangat mungkin membuat bayi mengalami sembelit.

Kurang Serat

Sama aja kayak orang dewawa, makan rendah serta juga mungkin jadi penyebab sembelit pada bayi yang sudah mulai mengkonsumsi makanan padat.

Saat saat bayi mulai mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi, penyebab sembelitnya jadi lebih sulit untuk ditentukan.

3 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/ucchie79

Saat bayi sudah mulai makan makanan padat dan kemudian memiliki tinja yang keras dan susah BAB, itu tandanya bayi mengalami sembelit.

Nasi

Nasi dan bubur biasanya diperkenalkan oleh orang tua saat bayi mulai mengkonsumsi makanan padat. Sayangnya, beberapa bayi mengalami kesusahan menerna nasi sehingga mengalami sembelit.

Wortel

Dikutip dari Parenting Firstcry, wortel yang diberikan dalam kondisi mentah atau dalam bentuk jus, biasanya sih baik untuk bayi. Namun ketika direbus, bisa jaid penyebab sembelit. Wortel rebus cenderung mengeraskan tinja bayi sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Pisang Mentah

Saat akan memberikan pisang kepada bayi, perhatikan kematangannya ya. Ini karena pisan yang masih mentah mengandung banyak karbohidrat yang jadi penyebab sembelit bayi/

Apel

Apel dikenal bisa mengeraskan tinja sehinga bagus dikonsumsi saat diare. Tapi apel yang dikukus, yang memang dikenal sebagai makanan bayi, bisa jaid penyebab sembelit. Selain itu coba deh hindari apllesauce karena itu mengandung pektin protein.

Keju

Keju adalah makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral, biasanya diberikan kepada bayi untuk camian. Tapi, keju ini mngandung serat yang rendah dan bisa jadi penyebab sembelit.

Roti

Roti diproses dari tepung yang telah dihilangkan dedaknya, menganung serat yang rendah, yang dikethaui bisa menyebabkan sembelit pada bayi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/christinarosepix

Ibu bayi bisa mengalami sembelit karena adanya perubahan fisiologi dan anatomi saluran pencernaan.

Peningkatan hormon Progesteron

Selama hamil, terjadi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi pada otot tubuh, termasuk otot di saluran pencernaan. Usus yang bergerak lebih lambat membuat pencernaan jadi lebih lambat juga.

Penyebab sembelit secara umum terjadi karena kurangnya serat pada makanan. Namun pada bayi, kondisi sistem pencernaannya yang belum optimal bisa menimbulkan faktor lain. Cermati ya apa yang kamu konsumsi.

Beri Komentar