Corona Bikin Ibu Hamil Takut Cek ke Rumah Sakit, Dokter Ini Temukan Solusinya!

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 15 April 2020 07:37
Corona Bikin Ibu Hamil Takut Cek ke Rumah Sakit, Dokter Ini Temukan Solusinya!
Dokter ini temukan cara unik biar ibu hamil tetep bisa periksa kandungan tanpa ke rumah sakit.

Sejak wabah corona menyerang, ibu hamil dibikin makin pusing karena jadi salah satu yang rentan dan bakal gawat kalau tertular penyakit ini. Yang lebih parah lagi, banyak ibu hamil jadi takut untuk memeriksakan kandungan mereka di rumah sakit.

Gimana enggak? Sekarang rumah sakit jadi tempat penanganan bagi para penderita penyakit COVID-19. Yang artinya rumah sakit merupakan tempat yang paling mungkin menularkan virus pada tubuh kita. Kan jadi khawatir kalau pergi ke rumah sakit justru pulang membawa virus. Serem banget kan?

Tapi dokter di Minnesota ini punya solusi biar ibu hamil bisa tetap berkonsultasi dan memeriksakan kandungan mereka di tengah pandemi ini. Gimana ya caranya kira-kira?

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dari yang saya baca di TODAY, COVID-19 memang bikin banyak dokter dan rumah sakit harus mengubah cara kerja mereka agar tetap bisa melayani pasien. Tapi nggak bisa dipungkiri kalau dokter kandungan dan bidan membutuhkan pendekatan langsung pada ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Meski begitu, Regina Cho sebagai salah satu dokter kandungan punya solusi untuk mengatasinya. Dia mulai menjalankan sistem konsultasi online untuk para pasiennya di tengah wabah corona ini. Jadi para ibu hamil masih bisa berbicara dengannya secara virtual untuk menyampaikan perkembangan kehamilan mereka.

2 dari 3 halaman

Dokter kandungan © Diadona

Tapi nggak bisa dipungkiri kalau ada bagian tertentu dari pemeriksaan kandungan yang nggak bisa dilakukan hanya secara online aja. Regina pun mengungkapkan bahwa memantau kehamilan membutuhkan sentuhan, kepastian, dan konseling. Dia juga butuh untuk mendengar detak jantung janin untuk mengetahui bahwa bayi dalam kandungan ibu hamil baik-baik saja.

Untuk itu Regina pun mengatur jadwal periksa untuk para pasiennya. Mereka nggak perlu masuk ke rumah sakit. Para ibu hamil cukup menunggu di dalam mobil dan Regina akan datang menghampirinya. Hal ini dilakukan bagi para ibu yang nggak membutuhkan cek darah dan pemeriksaan ultrasonografi.

3 dari 3 halaman

Dokter kandungan © Diadona

Pemeriksaan yang dilakukan Regina di pinggir jalan biasanya memakan waktu kurang dari lima menit. Dia juga memastikan untuk menggunakan baju pelindung dan menjaga jarak dengan pasiennya.

Regina mengungkapkan bahwa banyak ibu hamil yang khawatir pergi ke tempat umum di tengah wabah ini. Untuk itu dirinya berusaha menemukan cara kreatif agar tetap bisa membantu mereka dalam masa kehamilan.

Keren banget ya cara yang digunakan dokter ini. Semoga bisa menginspirasi para dokter yang lain ya!

Beri Komentar