Setelah Melahirkan kok Malah Jadi Sering Berkeringat, Kenapa ya?

Reporter : Mila
Minggu, 12 April 2020 07:00
Setelah Melahirkan kok Malah Jadi Sering Berkeringat, Kenapa ya?
Padahal kan ga abis jogging?

Setelah melahirkan si kecil, bukan berarti kerja dalam tubuh ibu bakal kembali seperti normal. Pasti ada aja hal-hal yang masih dalam tahap penyesuaian, salah satunya sering berkeringat. Hal ini biasanya dialami oleh ibu waktu minggu-minggu setelah melahirkan, terutama di malam hari.

Tapi kenapa sering berkeringat, padahal kan ga habis jogging? Yuk simak penjelasannya!

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Wanita Berkeringat © Diadona

Rasa gerah sering kali ga tertahan meskipun seoranh ibu yang baru melahirkan cuma diam saja, terutama waktu malam hari. Hal ini karena berkeringat adalah cara tubuh untuk membuang air tambahan yang selama masa kehamilan.

Ga cuma pori-pori aja yang bertugas membuang kelebihan air itu, tapi juga ginjal, dengan cara buang air kecil lebih dari biasanya pada minggu pertama setelah melahirkan.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Meskipun sebenernya hal ini sangat wajar, tapi dalam beberapa kasus kelebihan keringat juga membuat seorang ibu dehidrasi, khususnya yang menyusui.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, dengan cara banyak minum air putih dan buah-buah yang mengandung banyak air. Selain itu biar ga gerah, ibu bisa mencoba pakai pakaian yang longgar, biar sirkulasi udara di tubuh jadi lebih stabil.

Kalau dirasa masih sering berkeringat bahkan sampai minggu keenam setelah melahirkan, segera konsultasi ke dokter ya. Karena hal ini bisa aja jadi tanda gangguan medis lain. Stay healthy mom! :)

Beri Komentar