USG untuk Melihat si Calon Bayi, Sebenernya Penting atau Cuma Buat Pamer Aja sih?

Reporter : Mila
Kamis, 9 April 2020 13:00
USG untuk Melihat si Calon Bayi, Sebenernya Penting atau Cuma Buat Pamer Aja sih?
Seperlu apa sih USG itu?

Jaman dulu, ketika seorang wanita hamil mungkin harus mengira-ngira rupa dan wajah si kecil kelak seperti apa serta jenis kelaminnya. Tapi, sejak tahun 1961, diciptakanlah sebuah alat untuk melihat perkembangan janin termasuk jenis kelaminnya lewat Ultrasonografi atau biasa dikenal dengan USG.

Banyak banget ibu-ibu jaman sekarang yang minta melakukan USG. Tapi emang beneran perlu ya? 

1 dari 2 halaman

Ilustrasi USG © Diadona

USG biasanya dilakukan oleh ibu hamil waktu usia janin 20 bulan. USG dilakukan dengan menggunakan gelombang suara tinggi (3,5 – 7,0 megahertz) yang dipantulkan ke tubuh untuk menampilkan gambar rahim dan isinya yaitu janin.

Gambar yang bisa dilihat di layar namanya Sonogram. Gambar ini yang memberikan informasi tentang pertumbuhan janin dan jenis kelaminnya. Selain janin, USG bisa juga memperlihatkan kondisi kandungan, plasenta, indung telur dan bagian lainnya. Hal ini bisa membantu mengetahui kejanggalan dalam rahim lebih dini. Kayak detak jantung bayi, pertumbuhan tubuh bayi, dan kondisi air ketuban.

2 dari 2 halaman

Untuk mengetahui kondisi janin dan antisipasi kejanggalan, USG disarankan. Tapi kalau cuma melakukan USG untuk mendapatkan gambar tanpa indikasi medis alias buat pamer aja mending ga usah deh.

Tapi kembali lagi, semua itu tergantung keputusan masing-masing ibu hamil ya mau melakukan USG atau nggak :)

Beri Komentar