Garis Test Pack Terlihat Samar, Berarti Beneran Hamil atau Nggak sih?

Reporter : Mila
Kamis, 9 April 2020 07:00
Garis Test Pack Terlihat Samar, Berarti Beneran Hamil atau Nggak sih?
Ada tiga kemungkinannya, mom!

Terlambat menstruasi adalah salah satu tanda paling umum yang dijadikan tolak ukur seorang wanita sedang hamil. Kalau udah terlambat mens pasti biasanya wanita bakal langsung memastikan dengan cara memakai tes kehamilan atau test pack.

Seperti yang kita ketahui, kalau garisnya cuma satu itu artinya negatif hamil, sementara kalau garisnya dua berarti positif hamil. Tapi gimana kalau misalnya yang terlihat adalah dua garis samar? Nah lho!

Ada tiga kemungkinan nih moms yang bisa terjadi. Biar lebih paham, simak yuk!

1 dari 3 halaman

Positif Hamil

Ilustrasi Wanita Hamil © Diadona

Kalau kalau test pack melihatkan hasil positif tapi samar, kemungkinan kamu lagi hamil. Kenapa samar? Hal ini karena mungkin kadar hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih rendah.

Seiring berjalannya waktu dan usia kehamilan, kadar hormon ini bakal meningkat kok. Jadi kamu tenang aja ya!

2 dari 3 halaman

Negatif Hamil

Ilustrasi Tes Kehamilan © Diadona

Kemungkinan kedua adalah negatif hamil. Garis positif yang muncul samar bukanlah garis positif yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah garis penguapan atau garis evaporasi.Garis ini dapat muncul pada test pack waktu urin menguap dari stik test pack. Sehingga membuat kamu bisa saja salah mengartikannya.

Memang susah sih membedakannya. Tapi untuk lebih meyakinkan, kamu bisa mengulangi tes lagi beberapa hari kemudian. Disarankan untuk tes pada pagi hari, karena semakin pekat urin, hasilnya pun bakal semakin jelas.

3 dari 3 halaman

Tanda Keguguran Dini

Ilustrasi Tes Kehamilan © Diadona

Ini nih yang paling ga diinginkan, garis positif  samar juga bisa jadi tanda bahwa kamu cuma hamil secara kimiawi, yang artinya memungkinkan untuk mengalami abortus atau keguguran dini.

Pada kasus ini, telur yang telah dibuahi akan tertanam di rahim, hal inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon kehamilan dan membuat test pack membaca hasil yang positif meski samar. Tapi ga lama setelah itu, kamu bakal keguguran, yang ditandai dengan kram perut dan pendarahan.

Meski banyak kemungkinan yang bisa terjadi, ada baiknya untuk moms terus menjaga kondisi kesehatan ya kalau tanda-tanda kehamilan sudah dirasakan :)

Beri Komentar