Bangun Ekosistem Parenting, Tentang Anak Jangkau Ratusan Ribu Orang Tua dalam Setahun

Reporter : Nasa
Sabtu, 27 November 2021 08:24
Bangun Ekosistem Parenting, Tentang Anak Jangkau Ratusan Ribu Orang Tua dalam Setahun
Ekosistem parenting jadi fokus utama Tentang Anak

Pertumbuhan anak di Indonesia menuai perhatian seiring dengan beragam persoalan yang mengiringinya. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki populasi anak sebanyak 85,6 juta hingga saat ini.

Namun, data menunjukkan lebih dari 30% anak Indonesia tidak tumbuh sesuai potensi optimalnya. Satu dari tiga balita Indonesia mengalami stunting*. Terdapat 4 faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil antara lain nutrisi, stimulasi, pengasuhan, dan kondisi sosioekonomi keluarga.

1 dari 3 halaman

Dimana hal tersebut yang juga mendorong berdirinya ekosistem Tentang Anak untuk mendampingi Ayah dan Bunda dalam menyediakan tidak hanya akses edukasi tetapi juga seluruh kebutuhan si kecil serta memahami pentingnya peran dan kerja sama untuk membantu tumbuh kembang anak yang optimal.

Meskipun memliki pengalaman sebagai dokter anak, saya dan pasangan juga merasakan sulitnya pengalaman pertama sebagai orang tua dalam mengasuh anak, hal tersebut menginspirasi kami untuk membentuk sebuah ekosistem yang dapat membantu jutaan orang tua di Indonesia menjalani peran mereka dengan lebih baik," kata Mesty Ariotedjo, Co-founder dan CEO Tentang Anak.

2 dari 3 halaman

Tentang Anak Bangun Ekosistem ParentingTentang Anak Bangun Ekosistem Parenting © 2021 Tentang Anak

Selama satu tahun belakangan, Tentang Anak hadir mendampingi para orang tua sebagai ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Tentang Anak didirikan oleh pasangan suami istri, dr. Mesty Ariotedjo Sp.A seorang dokter spesialis anak lulusan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dan Garri Juanda, lulusan Harvard Business School yang sebelumnya sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia teknologi seperti Rakuten dan Tokopedia.

Keduanya juga menggandeng para pakar terpercaya di bidang masing-masing untuk membantu pertumbuhan ekosistem Tentang Anak seperti Grace Eugenia Sameve, M.A,M.Psi seorang psikolog lulusan terbaik Columbia University, dan Gianti Amanda S.Psi, Montessori. Dipl yang dikenal sebagai seorang praktisi anak usia dini yang membantu mengelola sekolah Amanda dan Bandung Montessori sejak 20 tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Sejak diluncurkan pada November 2020 silam, respon para orang tua terhadap ekosistem Tentang Anak sangat luar biasa, terbukti dari berbagai jangkauan dan pencapaian yang telah diraih selama satu tahun ini.

  • Tentang Anak berhasil menjangkau setengah juta pengguna antar platform media sosial termasuk menjadi akun parenting dengan followers terbanyak di Tiktok dengan jumlah like 1,1 juta dan telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali setiap bulannya.
  • Selain itu, Tentang Anak juga menjadi akun Instagram parenting dengan pertumbuhan followers (pengikut) 3x lebih cepat dan 2x lebih tinggi dalam engagement rate (interaksi) dari akun lainnya.
  • Tentang Anak juga memiliki kekuatan konten materi edukasi parenting yang luas dan diminati oleh para orang tua, sehingga membawa platform Youtubenya ditonton sebanyak 9 juta menit.
  • Di luar kesuksesannya dalam membangun ekosistem di berbagai platform media sosial, Tentang Anak juga telah menerbitkan menerbitkan 7 buku cerita anak dengan total produk yang terjual lebih dari 12.000 buku dan dinobatkan sebagai #1 Buku Anak Terlaris di platform E-Commerce. Kesuksesan tersebut mendorong Tentang Anak bersama mitra untuk membagikan lebih dari 1.000 buku cerita anak ke 28 panti asuhan, 18 posyandu/ puskesmas kecamatan, 5 PAUD, 3 rumah sakit nasional di Jabodetabek.
  • Tentang Anak juga berkolaborasi bersama banyak pihak diantaranya Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Pemerintah Daerah dalam mengedukasi masyarakat melalui webinar atau media sosial dengan total lebih dari 7.000 peserta bergabung, kolaborasi ini diharapkan dapat menjadikan Tentang Anak sebuah ekosistem yang sustainable dan scalable.

Semoga dengan adanya Tentang Anak ini bisa meningkatkan kualitas ekosistem parenting di Indonesia ya. Gimana nih Diazens menurut kalian? Jangan lupa komen di bawah ya..

Beri Komentar