3 Cara Sederhana untuk Mengajari Anak-anak Agar Selalu Bersyukur

Reporter : Kurnia
Jumat, 26 November 2021 15:22
3 Cara Sederhana untuk Mengajari Anak-anak Agar Selalu Bersyukur
Rasa bersyukur itu penting lo, Moms

Mengapa bersyukur itu penting?

Jadi begini Moms, rasa syukur itu memungkinkan anak-anak untuk melangkah di luar kepentingan diri mereka sendiri. Di mana anak-anak memiliki rasa kepedulian dan empati terhadap sesamanya, Ini membantu mereka memahami bahwa kebaikan dalam hidup anak-anak adalah sesuatu yang tidak selalu diberikan, tetapi hak istimewa yang telah diberikan kepada mereka.

Hal terpenting dari rasa syukur adalah mengajarkan anak-anak untuk mengidentifikasi orang-orang dan keadaan yang memungkinkan semua hal baik yang mereka alami dalam hidup.

1 dari 5 halaman

Selain itu Moms, bersyukur juga mengajarkan kerendahan hati dan memperluas pandangan dunia anak-anak. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa berlatih bersyukur dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental.  Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat dari rasa bersyukur.

Manfaat Bersyukur

  1. Tekanan darah menurun
  2. Penurunan tingkat peradangan tubuh
  3. Lebih sedikit gejala nyeri fisik
  4. Peningkatan tidur

Wah, ternyata banyak juga ya Moms. Lantas bagaimana sih caranya mengajarkan anak-anak untuk selalu bersukur?

2 dari 5 halaman

Cara mengajari anak-anak bersyukur

Dikutip dari laman verywellfamily.com, berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Moms ajarkan kepada anak-anak agar bisa lebih banyak bersyukur.

3 dari 5 halaman

Jadikan rasa syukur sebagai tradisi keluarga

Membuat bersyukur sebagai tradisi anak-anak sejak dini adalah cara terbaik yang akan membuat anak-anak untuk terus menikmati dan mensyukuri apa yang ia miliki. Semua yang Moms inginkan terjadi pada anak-anak dimulai dari lingkungan keluarganya. Dengan begitu, peran Moms dan Daddy sangat penting untuk mengajari anak-anak agar selalu bersyukur.

4 dari 5 halaman

Berterima kasih

Mengucapkan terima kasih terkadang masih sangat sulit dilakukan oleh beberapa orang. Pada dasarnya, tidak ada yang lebih menghangatkan hati daripada menulis ucapan terima kasih. Ajari anak-anak untuk selalu berterima kasih atas bantuan atau apapun yang membuat meraka terbantu. Mulailah dari keluarga dulu Moms untuk mengajari mereka.

Berterima kasih memang tampak sederhana, tapi ini memiliki impact yang cukup besar untuk tumbuh kembang dan kehidupan anak-anak selanjutnya.

5 dari 5 halaman

Ajak anak berdonasi

Menyisihkan sedikit yang ia punya untuk orang lain yang membutuhkan adalah cara berikutnya untuk membuat anak-anak bisa menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

Thanksgiving adalah waktu yang tepat untuk memeriksa apa yang Moms miliki, membersihkan lemari dan menyumbang kepada orang lain. Moms bisa mengajari mereka memilih barang-barang yang tidak lagi mereka butuhkan atau inginkan, dan membagikannya pada badan amal, atau pendirian komunitas lain yang menerima sumbangan untuk orang-orang yang membutuhkan.

 

Beri Komentar