Cara Nycta Gina Sikapi Anak yang Speech Delay, Ubah Stres Jadi Syukur

Reporter : Riza Umami
Rabu, 25 Agustus 2021 08:17
Cara Nycta Gina Sikapi Anak yang Speech Delay, Ubah Stres Jadi Syukur
Siapa nih Mom yang anaknya juga mengalami speech delay?

Sejumlah anak mungkin mengalami speech delay dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Speech delay ini adalah istilah yang biasa digunakan untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan berbicara dan berbahasa yang tidak sesuai dengan perkembangan usianya.

Kalau anak mengalami speech delay seperti ini pasti ibu jadi kepikiran ya karena anak lain sebayanya sudah bisa lancar berbicara tetapi anak Mom sendiri masih kesulitan dan hanya bisa mengucapkan beberapa kata.

1 dari 5 halaman

Salah seorang artis berikut ini anaknya juga mengalami speech delay. Nycta Gina pun menceritakan bagaimana ia menyikapi anaknya yang mengalami speech delay melalui salah satu unggahannya di media sosial.

      View this post on Instagram

A post shared by Nycta Gina (@missnyctagina)

Dia mengatakan bahwa anaknya yang lebih kecil ngomongnya lebih lancar dibandingkan kakaknya. Dia sangat ingat ketika si kakak seumuran adiknya, ngomong sudah bisa tetapi tidak selancar adiknya dan ada beberapa huruf yang cadel.

2 dari 5 halaman

Sebagai contoh ketika mengucapkan huruf K menjadi T misalnya kuda jadi tuda. Lalu huruf G jadi D misalnya tiga jadi tida. Kemudian, huruf S jadi C misalnya susu menjadi cucu. Untungnya, kini sang anak sudah bisa mengucapkan semua huruf, tinggal diperlancar ngomongnya dan penyusunan kalimat.

Nycta Gina juga menceritakan bahwa dulu si kakak sering marah-marah sampai tantrum. Nycta pun sampai stres banget karena anaknya setiap hari ngamuk. Dia pun berusaha mencari cara untuk mengatasi anaknya yang mengalami speech delay.

3 dari 5 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Nycta Gina (@missnyctagina)

Sang anak kemudian melakukan terapi wicara dan dari sanalah terjawab bahwa salah satu alasan anaknya kerap marah-marah karena dia ingin mengungkapkan sesuatu tetapi tidak bisa dan orang tuanya pun juga tidak mengerti. Akhirnya, respons anak pun jadi marah-marah.

Untungnya, sekarang anaknya sudah jarang marah karena kalau mau apa-apa sekarang sudah bisa ngomong. Walaupun sempat stres ketika anaknya mengalami speech delay, Nycta Gina memilih untuk mengubah stres tersebut menjadi rasa syukur.

4 dari 5 halaman

Kini, dirinya sudah sangat bersyukur karena setelah melakukan terapi wicara, kemampuan berbicara anaknya pun semakin berkembang dan ngomongnya jadi lebih lancar dibandingkan dulu yang masih tersendat-sendat.

      View this post on Instagram

A post shared by Nycta Gina (@missnyctagina)

5 dari 5 halaman

Postingan Nycta ini pun dibanjiri oleh banyak balasan dari netizen yang memberikan pujian dan dukungan pada Nycta Gina dan anaknya. Ada pula sejumlah ibu yang menceritakan pengalamannya ketika anaknya juga mengalami speech delay.

Memang diperlukan sikap yang bijaksana dan banyak bersabar saat anak mengalami speech delay apalagi sampai tantrum ya Mom. Perlahan dicarikan solusi seperti Nycta Gina yang kemudian memilih untuk melakukan terapi wicara kepada anaknya. Semoga para Mom yang anaknya juga sedang mengalami speech delay segera menemukan solusi juga ya.

Beri Komentar