Peran Nenek dan Kakek Dalam Tumbuh Kembang Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 21 Agustus 2021 07:17
Peran Nenek dan Kakek Dalam Tumbuh Kembang Buah Hati
Ini perannya.

Nenek dan kakek tentunya begitu menyayangi cucu mereka. Mereka pun gak ragu mencurahkan kasih sayangnya ini sepenuh hati kepada cucunya dan memberikan yang terbaik untuknya. Gak heran kalau terkadang anak begitu dekat dengan kakek dan neneknya.

Dilansir dari laman dancow.co.id, kedekatan hubungan kakek nenek dan cucunya ini tentu mempunyai manfaat bagi dua belah pihak. Untuk cucu, kakek nenek ini bisa melengkapi pemenuhan kasih sayang selain yang didapatkan dari orang tua.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Anak pun jadi mendapatkan kasih sayang yang utuh dari keluarga besar dan juga orang-orang terdekatnya. Anak yang tumbuh di lingkungan yang hangat seperti ini akan tumbuh jadi pribadi yang penuh kepercayaan diri dan juga jadi orang yang penyayang.

2 dari 5 halaman

Selain itu pada orang tua yang bekerja, kakek dan nenek ini bisa sangat membantu untuk mengasuh cucunya ketika sedang ditinggal bekerja oleh orang tuanya. Tentu Mom lebih percaya kalau anak diasuh oleh kakek neneknya seperti ini daripada dirawat oleh orang asing.

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

3 dari 5 halaman

Sayangnya, terkadang karena begitu sayang pada cucunya, sejumlah kakek dan nenek ini jadi terlalu memanjakan cucunya. Alhasil, anak mungkin jadi lebih manja terutama kepada kakek dan neneknya karena keinginannya yang selalu dituruti.

Oleh sebab itulah, ibu perlu menyeragamkan pola asuh antara orang tua dan kakek nenek kepada anak sehingga tidak sampai bertentangan dan bisa menimbulkan konflik nantinya. Pastikan ibu pun menyampaikan hal ini dengan baik kepada kakek dan nenek anak Mom sehingga tak sampai tersinggung.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Kakek Nenek dan Cucu © Diadona

Kalau sudah kompak dan sejalan seperti ini, tentu tak akan ada masalah walau anak diasuh oleh kakek dan neneknya. Hubungan keluarga ibu dan kakek nenek anak Mom pun jadi semakin dekat dan bisa saling membantu satu sama lain.

5 dari 5 halaman

Tentunya akan sangat baik bagi anak tumbuh dalam lingkungan keluarga besar yang hangat dan akrab seperti ini. Anak pun tak kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain sehingga ia juga punya banyak teman di luar rumah dengan kepribadian yang baik seperti ini.

Jadi baik orang tua maupun kakek dan nenek punya peranan penting dalam tumbuh kembang buah hati. Oleh sebab itulah, biarkan anak mempunyai hubungan yang dekat dengan kakek dan neneknya karena itu juga memberikan dampak positif kepadanya.

Beri Komentar