Asuh 5 Anak, Ini Parenting Ala Zaskia Mecca yang Bisa Jadi Inspirasi

Reporter : Riza Umami
Minggu, 27 Juni 2021 09:17
Asuh 5 Anak, Ini Parenting Ala Zaskia Mecca yang Bisa Jadi Inspirasi
8 tips parenting Zaskia Adya Mecca dalam membesarkan lima anaknya.

Tentu bukan hal yang mudah membesarkan banyak anak sekaligus. Meski demikian, Zaskia Adya Mecca mempunyai cara sendiri dalam merawat dan mendidik lima anaknya. Dia pun punya trik khusus dalam menghadapi tingkah laku masing-masing anaknya ini.

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, hal ini dia utarakan melalui salah satu video yang ditayangkan melalui saluran YouTube The Bramantyos di mana saat itu Zaskia kedatangan seorang tamu di rumahnya yaitu Sarah Sechan. Kira-kira apa ya cara parenting ala Zaskia Adya Mecca ini?

1 dari 8 halaman

1. Tidak Terlibat dalam Drama Perkelahian Anak

Zaskia Mecca dan Anak-AnaknyaZaskia Mecca dan Anak-Anaknya © https://www.instagram.com/zaskiadyamecca/

Anak-anak Zaskia bisa dibilang punya jarak usia yang berdekatan sehingga sangat sering terjadi drama hingga perkelahian di antara mereka. Zaskia sendiri lebih memilih untuk tidak terlibat dalam perkelahian anaknya itu baik karena rebutan mainan atau alasan lainnya.

Dia tak mau sampai terbawa emosi kalau anak terus-terusan berkelahi seperti itu. Oleh sebab itulah, dia akan membiarkan anaknya kalau ada yang bertengkar, bahkan dia akan tetap membiarkan meski ada yang menangis. Dari sini, secara tak langsung anak jadi belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan saudaranya.

2 dari 8 halaman

2. Mengenalkan Anak dengan Ikon Lokal Indonesia

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Hanung Bramantyo yang merupakan suami Zaskia ternyata memang sengaja mengenalkan kecintaan terhadap pahlawan serta ikon lokal Indonesia kepada semua anaknya karena ia tak ingin buah hatinya lebih paham superhero luar negeri.  Hal ini membuat mereka tanpa sadar masih dijajah oleh orang luar secara pemikiran dan budaya.

3 dari 8 halaman

3. Membebaskan Buah Hati untuk Corat-coret

Zaskia yang akrab dipanggil Bia oleh buah hatinya ini memang membebaskan anak-anaknya untuk corat-coret sesuka hati mereka bahkan meski tubuhnya jadi cemong tidak karuan. Terkadang anaknya corat-coret di tubuhnya dan terkadang juga di rumah. Zaskia tak mempermasalahkan hal tersebut karena ini juga salah satu cara membiarkan kreativitas anak berkembang.

4 dari 8 halaman

4. Quality Time dengan Keluarga

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Meski Zaskia dan Hanung punya kesibukan masing-masing tetapi mereka selalu berusaha meluangkan waktu luangnya untuk quality time bersama dengan anak-anaknya. Kalau lagi libur misalnya Sabtu dan Minggu, dia bisa menghabiskan waktu dengan anak-anaknya sampai seharian. Zaskia sendiri terang-terangan mulai meninggalkan syuting dan kerjaan lain karena anak-anaknya sudah banyak.

5 dari 8 halaman

5. Perlakukan Anak Seperti Orang Dewasa

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Uniknya, Zaskia selalu memperlakukan anak-anaknya seperti orang dewasa. Oleh sebab itu, Bia biasa mengajak anaknya ngomong sejak usia berapa saja. Saat anaknya ada yang sedang emosi, dia memilih untuk membiarkannya dulu meluapkan emosinya. Ketika anak sudah tenang, dia kemudian akan menanyakan maunya apa atau ada masalah apa.

6 dari 8 halaman

6. Berusaha Bersikap Adil

Bagi Zaskia Mecca sendiri, ternyata tantangan terbesar adalah bagaimana cara dia agar bisa adil dalam membagi kasih sayang dan juga perhatiannya untuk semua anaknya. Dia pun kasihan kepada anak sulungnya yang harus banyak mengalah kepada adik-adiknya. Oleh sebab itulah saat ada waktu luang, Bia akan langsung ingat pada Syibil yaitu anak sulungnya dan ingin menghabiskan waktu bersamanya.

7 dari 8 halaman

7. Selalu Mendidik Diri Supaya Bisa Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Walaupun sudah mempunyai lima anak, Bia sendiri mengaku bahwa dirinya tak pernah berhenti belajar untuk bisa menjadi orang tua yang baik. Terkadang, dia ikut seminar parenting, baca buku atau browsing di internet serta melihat pola asuh yang diterapkan oleh orang tuanya sendiri.

8 dari 8 halaman

8. Mengajari Anak untuk Mengerjakan Tugasnya dengan Fun

      View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Adya Mecca (@zaskiadyamecca)

Bia lebih memilih untuk menghadapi sekolah online yang dijalani anak-anaknya sekarang dengan santai dan tidak dibikin stres. Dia mengajarkan anaknya untuk mengerjakan tugas dengan fun dan tidak menjadikan itu beban atau tekanan untuk anak-anaknya. Sebagai orang tua, Bia juga mengingatkan untuk mempelajari apa minat dan bakat anak dan tidak memaksakan mereka jago dalam semua hal atau pelajaran. Orang tua harus cermat melihat passion anak ke mana dan asah bidang tersebut dengan maksimal.

Itulah beberapa cara parenting yang diterapkan oleh Zaskia Adya Mecca kepada anak-anaknya. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk para ibu di luar sana ya.

Beri Komentar