Cara Menghadapi Kakek dan Nenek yang Menyebalkan

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 23 Agustus 2021 16:43
Cara Menghadapi Kakek dan Nenek yang Menyebalkan
Kita semua pernah mendengar klise "Kamu tidak dapat memilih keluargamu," tapi itu menjadi klise karena suatu alasan.

Baik atau buruk, kita menemukan diri kita sebagai anggota keluarga dan kita memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara hubungan keluarga tersebut.

Berurusan dengan kakek-nenek, apakah kakek-nenek kita sendiri atau orang tua kita yang merupakan kakek-nenek bagi anak-anak kita, dapat menghadirkan tantangan yang unik, tetapi kemungkinan pertukaran dari hubungan yang solid dan penuh kasih sepadan dengan kesulitan untuk mengatasinya.

Dalam artikel ini, akan diberikan saran bagi cucu untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh kakek-nenek mereka dengan lebih baik, serta bagaimana orang tua baru dapat membesarkan anak-anak di bawah asuhan kakek-nenek mereka sendiri.

1 dari 6 halaman

Menghadapi Kakek dan Nenek yang Menyebalkan

Ilustrasi Lansia © Diadona

Cari tahu apa yang kamu maksud dengan " menyebalkan" . Sebelum mengatasi masalah apa pun, kita harus dapat menemukan sumber sebenarnya dari kejengkelan kita. Mengeluh bahwa kakek-nenek kita menjengkelkan itu cukup mudah, tetapi apa sebenarnya perilaku mereka yang benar-benar mengganggu kita?

Mengeluh kepada nenek dan kakekmu bahwa mereka menjengkelkan tidak akan menyelesaikan apa pun. Cobalah untuk lebih spesifik saat kamu mengidentifikasi masalahnya sendiri: " Saya gak suka ketika nenek memperlakukan saya seperti anak berusia 5 tahun dalam kunjungan dan tidak akan membiarkan saya menonton " The Walking Dead," meskipun saya berusia 25 tahun."

2 dari 6 halaman

Pertimbangkan Sudut Pandang Kakek-Nenekmu

Ilustrasi Kakek dan Cucu © Diadona

Saat menghadapi semua jenis masalah interpersonal, penting bagi kamu untuk mencoba memahami perasaan orang lain dengan cara yang simpatik. Ini berarti kamu harus mencoba menempatkan dirimu pada posisi kakek-nenekmu, untuk memahami sudut pandang mereka.

Cobalah untuk mencari tahu mengapa kakek-nenekmu berperilaku seperti itu. Pada akhirnya, kamu mungkin harus berbicara langsung dengan kakek-nenekmu untuk menyuarakan keluhan, tetapi sebaiknya persiapkan dirimu untuk ini jika kamu telah membuat tebakan sendiri.

3 dari 6 halaman

Cari Tahu Lebih Banyak tentang Kakek-Nenekmu

Ilustrasi Kakek dan Cucu © Diadona

Kamu memiliki hubungan unik sendiri dengan kakek-nenekmu, tetapi kamu mungkin tidak tahu banyak tentang mereka di luar konteks itu. Dengan asumsi bahwa kakek-nenekmu bersedia untuk berbagi cerita mereka, mempelajari sebanyak mungkin informasi tentang mereka akan membantumu mulai memahami kakek-nenekmu sebagai individu dan dapat membantumu mengidentifikasi cara untuk mulai meningkatkan hubungan kalian.

Sebelum kamu mulai menangani masalah tertentu (misalnya, rasa frustrasi akan kakek-nenek karena terlalu mengganggu atau terlalu peduli dengan hidupmu), bicarakan dengan kakek-nenekmu tentang kehidupan mereka dan bahkan hubungan mereka dengan kakek-nenek mereka.

4 dari 6 halaman

Temukan Kesamaan dengan Kakek-nenek

Ilustrasi Kakek dan Cucu © Diadona

Selain lebih meningkatkan hubungan, langkah ini akan membantumu mengingat bahwa kamu memiliki sifat dan prinsip hidup yang sama dengan mereka.

Apakah kamu memiliki selera humor yang sama dengan kakekmu? Mengingat hal ini akan membantu saat kamu menentukan kapan dan bagaimana menghadapi kakek-nenek tentang sesuatu yang mengganggumu. Jika kakek-nenek menyukai humor, maka kamu bisa sukses jika mengangkat topik tersebut dengan lelucon.

5 dari 6 halaman

Evaluasi Peranmu Sendiri dalam Hal Ini

Ilustrasi Nenek dan Cucu © Diadona

Jarang ada masalah yang bertepuk sebelah tangan, jadi penting bagi kamu untuk merenungkan diri sendiri secara jujur ??untuk mengetahui hal-hal apa yang mungkin telah kamu lakukan yang berkontribusi pada masalah tersebut.

Misalnya, mungkinkah meskipun kamu kesal dengan kakek-nenek karena tidak memperlakukan kamu seperti orang dewasa dan tidak membiarkan kamu begadang, pada waktu yang berbeda kamu membiarkan mereka benar-benar memanjakanmu seperti saat masih kecil? Jika demikian, sadarilah bahwa kamu telah menyebabkan kesalahpahaman bagi mereka.

6 dari 6 halaman

Berkonsultasilah dengan Orang Tuamu

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Meskipun mungkin memang lebih baik jika kamu mencoba menangani masalahmu sendiri, namun tergantung pada tingkat kesulitan atau tingkat kenyamanan kamu dengan kakek dan nenek, kamu dapat memutuskan untuk meminta bantuan orang tua.

Orang tua biasanya dapat memberi masukan yang bagus, baik jika mereka memiliki hubungan yang dekat atau tegang dengan orang tua mereka. Orang tua dapat memberi nasihat tentang cara mendekati kakek-nenek.

Beri Komentar