Beberapa Penyebab Perut Bayi Bunyi Saat Menyusu

Reporter : Riza Umami
Rabu, 27 Januari 2021 16:17
Beberapa Penyebab Perut Bayi Bunyi Saat Menyusu
Ternyata ini penyebab perut bayi bunyi saat menyusu.

Akan ada banyak hal baru yang ibu temui saat pertama kali mempunyai anak. Sebagai orang tua baru, terkadang ibu masih kurang banyak mengetahui pengetahuan tentang dunia bayi dan parenting. Malah mungkin hal yang baru tersebut bikin ibu jadi khawatir misalnya saat perut bayi bunyi ketika ia sedang menyusu dan masih banyak lagi.

Kenapa ya perut bayi saat menyusu malah bunyi? Padahal kalau bunyi ini biasanya untuk perut yang masih kosong. Mungkin ibu pun jadi memikirkan hal remeh tersebut bahkan sampai-sampai jadi negatif thinking. Tak perlu ambil kesimpulan dulu, ini beberapa penyebab perut anak bisa bunyi saat menyusu.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Dilansir dari laman klikdokter.com, hal ini disebabkan karena beberapa hal. Menurut dr. Arina Heidyana, perut bayi yang bunyi sewaktu menyusu ini tak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya tak hanya pada bayi, tetapi perut orang dewasa pun bisa bunyi setelah makan.

Bunyi tersebut adalah bunyi peristaltik usus yang dipicu karena pergerakan makanan dan juga udara di dalam usus. Sehingga kondisi itu adalah hal yang wajar dan bukan berarti anak masih lapar atau bayi kekurangan ASI dari sang ibu.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya perbedaan dinding lapisan usus di antara bayi dan orang dewasa. Lapisan usus di perut bayi tentu masih lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Hal ini pun menyebabkan, apa saja yang masuk ke dalam saluran pencernaannya (ASI atau makanan yang lembut), gerakannya lebih bisa terdengar.

Perut anak bunyi saat menyusu ini pun juga bisa disebabkan karena ada banyak udara yang terperangkap di dalam perutnya alias dia mengalami kembung. Hal ini bisa disebabkan karena si kecil terlalu cepat dan bersemangat waktu menyusu atau akibat posisi menyusu yang salah.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Terakhir, ada beberapa makanan tertentu yang bila dikonsumsi bisa meningkatkan risiko terkumpulnya gas di dalam perut si kecil. Makanan tersebut seperti tomat, semua jenis jeruk, kedelai, olahan susu, brokoli, kubis, dan juga kembang kol. Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna akan lebih sensitif terhadap berbagai zat.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan perut bayi bunyi saat menyusu. Bila tak ada gejala lainnya maka ibu tak perlu khawatir terhadap kondisi buah hati tetapi jika sebaliknya segera bawa bayi ke dokter untuk mengetahui kondisinya. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar