Beberapa Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Rabu, 20 Januari 2021 11:17
Beberapa Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi Si Kecil
Apa saja ya Mom?

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menjaga gigi bayi meski baru tumbuh. Biasanya, gigi susu pada si kecil ini mulai tumbuh di usia enam bulan. Kesehatan gigi bayi ini akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Oleh sebab itu, perlu dijaga sedari dini misalnya dengan menggosok lembut gigi susu dan gusi anak.

Salah satu hal yang gak kalah penting untuk menjaga gigi bayi ini adalah mengetahui beberapa kebiasaan yang ternyata dapat merusak gigi bayi. Kira-kira apa aja ya Mom? Dilansir dari lama id.theasianparent.com, berikut beberapa hal yang bisa merusak gigi si kecil.

1 dari 3 halaman

1. Bayi Tertidur Sambil Minum Susu

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Sebagian ibu biasanya memberikan susu di botol pada bayinya untuk menenangkan dan menidurkan mereka apalagi ketika si kecil menangis di malam hari padahal ternyata kebiasaan yang satu ini berdampak buruk ke gigi bayi loh Mom.

Menurut pendapat drg. Benny Mulyono Soegiharto, M.Sc, MorthRCS, P.D, Sp. Ort, kebiasaan bayi tidur sambil minum susu dari botol dot ini bisa merusak struktur gigi dan rahang bayi jika tidak segera diintervensi. Dia juga mengatakan kalau sebaiknya ibu tidak membiarkan anak tidur sambil minum susu baik ASI atau susu formula.

2 dari 3 halaman

2. Anak Menggigit Bibir Bawah

Ilustrasi Bayi Batuk © Diadona

Beberapa anak mungkin suka menggigit bibir bawah karena udah kebiasaan. Meski terlihat sepele, sebenarnya hal ini bisa menyebabkan gigi tumbuh berantakan. Padahal, gigi ini adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga penampilan apalagi di masa depan.

Drg. Benny menjelaskan bahwa kebiasaan yang satu ini bisa menyebabkan suatu manifestasi dalam bentuk maloklusi di mana susunan gigi dan rahang tidak normal. Tentu saja hal ini bergantung pada frekuensi, durasi dan intensitasnya. Jadi makin sering anak melakukannya, ia pun makin berisiko mengalami susunan gigi dan rahang yang tak normal.

3 dari 3 halaman

3. Mengisap Jempol atau Empeng

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Terakhir, sejumlah anak terkadang punya kebiasaan untuk mengisap jempol atau empeng. Bahkan, bila empengnya ini dilepaskan, bayi pun bisa jadi rewel bahkan nangis. Walaupun bisa membuat anak tenang, sebenarnya kebiasaan yang satu ini juga buruk untuk gigi bayi.

Kebiasaan mengisap jempol atau ngempeng bisa menyebabkan gigi tumbuh berantakan bahkan si kecil mungkin jadi sulit untuk mengunyah. Bahkan kalau dibiarkan terus sampai anak berusia 4 sampai 6 tahun, bukan tak mungkin akan mempengaruhi bentuk gigi dan rahangnya. Mom tentu tak mau anak sampai mengalami hal tersebut.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang ternyata bisa berdampak buruk dan merusak gigi anak. Semoga ulasan ini bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar