Boleh Gak sih Membangunkan Bayi yang Tidur untuk Ganti Popok?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 25 Agustus 2020 07:37
Boleh Gak sih Membangunkan Bayi yang Tidur untuk Ganti Popok?
Temukan jawabannya yuk, Moms!

Pasti banyak pertanyaan-pertanyaan seputar mengurus anak yang sering mampir di kepala kita. Apalagi jika kita tergolong ibu muda yang baru pertama kali mengurus anak sendiri. Rasa penasaran itu tentu wajar dan sebaiknya dicari tahu jawabannya, Moms!

Salah satu hal teknis yang seringkali membuat banyak ibu ragu adalah saat mengganti popok bayi ketika mereka tidur. Kita mungkin dilema, apakah kita harus mengganggu tidur bayi untuk mengganti popoknya? Atau sebaiknya kita biarkan saja?

Dilansir dari Today's Parent, seorang perawat bernama Kathleen Mochoruk, dari Baby Prep Prenatal Sessions di Vancouver, punya jawabannya!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Menurut Kathleen, pertanyaan itu sebenarnya sering muncul di kalangan para ibu. Kita mungkin diajarkan untuk mengganti popok bayi setelah menyusui. Apalagi saat bayi terlihat nggak nyaman, pasti kita akan segera mengganti popok mereka.

Lantas saat bayi sedang tidur apakah kita juga perlu menggantinya? Banyak ibu khawatir bahwa nggak mengganti popok akan menyebabkan kebocoran atau bahkan ruam popok. Tentu kita nggak mau membuat si kecil tidur dalam keadaan kotor terlalu lama.

2 dari 4 halaman

Tapi menurut Kathleen, ada beberapa keadaan di mana dirinya menyarankan agar ibu membangunkan bayi yang sedang tidur untuk mengganti popok. Salah satunya adalah jika bayi mengalami luka atau ruam popok yang sangat serius.

Dalam kondisi itu sebaiknya orang tua terus memantau kondisi popok bayi. Namun di luar kondisi parah tersebut, sebaiknya kita membiarkan saja bayi terus tidur.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Kita sebaiknya nggak perlu khawatir dengan sedikit air kencing yang ada di dalam popok. Menurut Kathleen, air seni bayi nggak terlalu pekat sehingga hanya akan mengganggu bayi jika mereka nggak suka merasa basah.

Jika kita khawatir pada ruam popok ringan yang mungkin akan dialami bayi, Kathleen menyarankan agar kita mengoleskan krim secara rutin di malam hari. Cara ini bisa digunakan untuk melindungi pantan bayi dari peregangan lebih lama pada malam hari.

4 dari 4 halaman

Selain itu, kita juga bisa membiasakan diri dengan membuat rutinitas mengganti popok sebelum menyusui anak. Dengan begitu, kita tahu bahwa mereka akan kembali tidur dengan kondisi popok yang relatif lebih kering.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya, Moms!

Beri Komentar