Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Belajar Secara Alami yang Paling Jitu

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 24 Agustus 2020 09:31
Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Belajar Secara Alami yang Paling Jitu
Inilah cara meningkatkan daya ingat secara alami yang mudah diterapkan.

Setiap orang pastinya memiliki memori atau ingatan yang berbeda-beda. Namun, seiring waktu fungsi otak semakin menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik.

Sehingga kamu pun akan susah mengingat terhadap sesuatu alias pikun. Oleh karena itu, solusi paling efektif untuk meningkatkan daya ingat ialah dengan menjaga kesehatan otak.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang mudah dilakukan? Nggak usah khawatir, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat Menurut Islam

Cara Meningkatkan Daya Ingat © Diadona

Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh beberapa lembaga untuk mengaktivasi daya ingat otak.

Namun, dalam Islam sendiri telah ada metode bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Dalam kitab “ Ta’lim al-Muta’alim”, membahas mengenai tatakrama untuk mencari ilmu, bahwa ada beberapa hal yang bisa menguatkan ingatan dan hafalan seseorang. Diantaranya:

1. Puasa

Tahapan pertama cara meningkatkan daya ingat menurut Islam ialah dengan berpuasa. Mungkin kamu pernah berpikiran bahwa puasa tidak memiliki peranan khusus untuk sistem pencernaan atau justru malah merusak sistem pencernaan di tubuh.

Padahal, dengan berpuasa kamu akan lebih mudah untuk menerima pelajaran dan dan berpikir pun akan menjadi terasa ringan dan enteng. Maka, tidak heran kalau ulama-ulama dahulu selalu mengamalkan puasa.

2. Shalat

Cara meningkatkan daya ingat menurut Islam selanjutnya ialah dengan mendirikan shalat. Bahka, seorang professor juga mengatakan bahwa 80% darah yang bisa jantung pompa hingga sampai ke otak, ialah dalam keadaan sujud.

Itulah sebabnya kalau seharusnya shalat itu bukan hanya menjadi kewajiban bagi Umat Muslim, tetapi menjadi kebutuhan.

3. Baca Al-Quran

Tahap cara meningkatkan daya ingat menurut Islam berikutnya ialah dengan sering membaca Al-Quran dan menghafalnya. Sebab, dalam riset Universitas Al-Azhar menyatakan, bahwa dengan membaca al-Qur’an kinerja otak akan meningkat dan ingatan tajam hingga 80%.

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat © Diadona

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, daya ingat seseorang semakin lama akan semakin menyusut. Mulai lupa meletakkan kunci kendaraan hingga melupakan nama orang lain.

Keadaan ini sangat wajar, namun ada hal yang perlu dilakukan supaya otak tetap berfungsi dengan baik. Bagaimana caranya? Berikut cara meningkatkan daya ingat otak yang harus kamu perhatikan.

1. Perhatikan Asupan Gizi

Langkah pertama dalam meningkatkan daya ingat yang harus dilakukan yaitu dengan memperhaikan asupan gizi yang dikonsumsi. Hal ini dilakukan supaya otak selalu terpenuhi, sehingga kemampuannya akan tetap terjaga.

Untuk itu kamu bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan teh hijau, dan ikan yang mengandung asam lemak omega-3.

2. Hentikan Kebiasaan Multitasking

Salah satu cara meningkatkan daya ingat otak yang tak boleh terlewat ialah menghentikan kebiasaan multitasking. Pasalnya, dengan melakukan 2 hal atau lebih sekaligus akan mengganggu memori jangka pendek dan membuat kamu tidak mungkin untuk menyimpan informasi yang bermanfaat.

3. Mempelajari Bahasa Baru

Tips yang satu ini mungkin saja terlihat aneh, sebab hampir tidak ada orang yang belajar bahasa baru hanya untuk meningkatkan daya ingat.

Namun, faktanya belajar tentang bahasa asing memberikan efek positif yang sangat besar terhadap ingatan seseorang. Sehingga hal ini dianggap sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat agar tetap tajam.

4. Berolahraga

Olahraga yang teratur juga dinilai sebagai cara paling efektif untuk meningkatkan daya ingat. Sebab, dengan olahraga teratur bsia memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, hingga merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak.

Setidaknya kamu disarankan untuk melakukan olahraga, seperti berjalan kaki, selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat © Diadona

Seperti yang diketahui, daya ingat memiliki fungsi untuk mengolah dan juga menyimpan berbagai informasi yang akan diserap oleh otak.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia anak, nantinya juga semakin meningkat untuk daya ingatnya. Sehingga sebagai orang tua pun juga harus tahu bagaimana cara meningkatkan daya ingat anak nantinya.

Untuk itu, berikut cara meningkatkan daya ingat anak yang harus diperhatikan orangtua supaya aktif dalam belajar. Diantaranya:

1. Melaukan Belajar Sambil Bermain

Pada umumnya hampir semua anak menyukai kegiatan bermain. Oleh karena itu, cara efektif untuk meningkatkan daya ingat anak yang bisa dilakukan sebagai orang tua ialah dengan mengajaknya belajar sambil bermain.

Dengan begitu, kamu bisa membantu merangsang ingatan anak menjadi lebih baik lagi, misalnya pada permainan puzzle, mewarnai, menggambar atau menempelkan angka.

2. Aktivitas Menulis

Tahapan meningkatkan daya ingat anak selanjutnya ialah dengan aktivitas menulis. Hal ini juga diungkapkan oleh psikologi anak, bahwa saat seorang anak memiliki aktivitas rutin setiap hari misalnya menulis, bisa membantu anak agar memiliki daya ingat yang kuat meski terlihat sangat sederhana.

Selain itu, menulis juga membantu aliran oksigen, sehingga sesuatu yang kita utarakan melaui tulisan akan lebih bisa diingat nantinya.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Daya Ingat © Diadona

3. Review Materi yang Dipelajari

Salah satu cara meningkatkan daya ingat anak secara alami ialah dengan meluangkan waktu untuk menanyakan apa saja yang dilakukan atau dipelajari saat sekolah.

Untuk itu, lakukanlah sambil menuliskannya dalam kertas dengan spidol berwarna dalam bentuk timeline, dan gunakan kertas untuk review keesokan harinya.

4. Mengajak Anak Liburan

Cara meningkatkan daya ingat anak dalam belajar secara alami ialah dengan mengajaknya liburan. Selain menyenangkan, liburan juga membuat otak anak lebih fresh dan berkembang.

Sehingga dalam aktivitas sehari-hari anak bisa lebih bahagia dan tidak memikirkan hal yang tidak penting yang nantinya akan membuat berkurangnya konsentrasi.

Itulah cara meningkatkan daya ingat untuk anak-anak dan orang dewasa. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar