Hubungan dengan Ayah Ternyata Bisa Mempengaruhi Anak Saat Milih Jodoh

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 8 Mei 2020 07:37
Hubungan dengan Ayah Ternyata Bisa Mempengaruhi Anak Saat Milih Jodoh
Ayah yang nggak dekat dengan anak perempuannya bisa memberikan dampak buruk pada anak.

Hubungan antara ayah dan anak perempuan ternyata punya keunikan tersendiri. Banyak yang bilang anak perempuan belajar tentang sosok laki-laki dengan melihat ayahnya sendiri dari segi baik maupun buruk.

Dari yang saya baca di Brightside.me, menurut para psikolog, sosok ayah memiliki dampak sangat besar bagi anak perempuan mereka. Bahkan meskipun anak nggak hidup bersama sang ayah tapi sosoknya tetap memiliki pengaruh cukup besar dalam diri anak.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Linda Nielsen, seorang psikolog yang menulis buku tentang hubungan antara ayah dan anak perempuan, mengungkapkan bahwa orang tua memengaruhi keputusan anak mereka dalam aspek kehidupan seperti karir, selera pribadi, dan prestasi akademik. Linda juga menekankan bahwa ada dan tidaknya kehadiran sosok ayah dalam hidup anak perempuan bisa mempengaruhi pilihan mereka tentang hubungan asmara di masa depan.

Sosok ayah yang hadir dan membangun hubungan penuh kasih sayang dengan anak perempuannya cenderung memengaruhi anak untuk mencari pasangan yang setia. Salah satu hal yang umumnya dimiliki anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang adalah rasa percaya diri saat membuat keputusan. Mereka cenderung nggak merasa takut untuk mengungkapkan pendapat atau menolak pasangan yang nggak sesuai.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Sejak kecil anak perempuan bisa merasakan cinta dari ayah mereka. Saat dewasa mereka ingin mencari hubungan yang stabil dan tenang. Kedekatan dengan sang ayah bisa secara nggak sadar membantu remaja membuat lebih sedikit kesalahan saat memilih pasangan.

Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan cenderung lebih percaya diri di antara laki-laki dan nggak membiarkan siapa pun memanfaatkan mereka. Selain itu, mereka juga cenderung nggak berusaha punya banyak pasangan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Sementara ayah yang nggak pernah hadir dalam kehidupan anak perempuannya justru memberikan dampak negatif pada karakter anak mereka. Anak perempuan yang punya hubungan lemah dan nggak stabil dengan ayahnya cenderung memilih pasangan yang mendorong mereka pada banyak masalah.

Kurangnya rasa aman dan percaya diri dapat membuat anak merasa nggak pernah yakin dengan dirinya sendiri. Makanya hal ini pada akhirnya membuat mereka terlibat dalam hubungan di mana anak merasa dirinya lebih rendah dibandingkan dengan pasangannya.

Untuk itu kita harus selalu berusaha menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak kita.

Beri Komentar