Curhatan Anak Tentang Perlakuan Buruk Orang tuanya, yang Bisa Beri Dampak Negatif untuk Dirinya

Reporter : Sofi
Sabtu, 2 Mei 2020 12:47
Curhatan Anak Tentang Perlakuan Buruk Orang tuanya, yang Bisa Beri Dampak Negatif untuk Dirinya
Bijaklah dalam bersikap pada anak ya.

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Tapi kalau kita bisa menikmatinya dan memiliki kerja sama dalam keluarga, semua ini akan terasa menyenangkan ketika kita menghabiskan waktu bersama anak-anak. Tapi sering gak disadari kalau kita sebagai orang tua sering kali terlalu keras pada anak-anak.

Mungkin orang tua sering berkata kasar pada anak-anak. Seperti merendahkan anak, melecehkan, membentak, menyalahkan, bahkan membanding-bandingkan dalam kondisi-kondisi yang sebenarnya di luar kuasa si kecil. Bahkan dari emosi yang terlalu terbawa, orang tua bisa sampai melukai fisik sang anak.

1 dari 3 halaman

Ada sebuah akun di Twitter yaitu @6tigakali, yang memposting (1/5) foto-foto dari tulisan. Isi dari tulisan itu adalah mengungkapkan bagaimana mereka gak suka diperlakukan oleh orang tuanya. Bahkan beberapa dari isi tulisan itu juga ditujukan pada nenek, dan guru yang membuat anak menjadi gak percaya diri.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Mungkin pada dasarnya orang tua akan berkata jika semua hal yang dilakukannya, nenek, atau pun guru ini didasari oleh rasa sayang pada anak. Tapi sayangnya perlakuan itu gak tepat untuk tumbuh kembang anak. Tidak hanya fisik, ini bisa meracuni psikologis anak itu sendiri.

Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan ini tentu saja akan memiliki rasa percaya diri yang rendah, dan terbiasa untuk menyalahkan diri sendiri. Ini semua gak cuman memberi efek ketika kecil, tapi akan dibawa hingga dirinya dewasa nanti. Dan efeknya akan membawa mereka menjadi pribadi yang merasa gak berharga, merasa gak punya teman, selalu dihantui rasa bersalah, stress, mudah marah, dan gangguan mental lainnya.

3 dari 3 halaman

ilustrasi bullying © Diadona

Para orang tua juga perlu mengingat jika anak yang sering melihat interaksi di dalam lingkungan keluarga biasanya juga akan memperlakukan orang lain dengan cara yang sama. Jadi apa yang orang tua lakukan pada si kecil, bisa jadi akan dia terapkan dalam kehidupannya sehari-hari pada temannya. Bahkan, dia akan melakukan hal yang sama pada anaknya kelak.

Tentu gak mau hal ini menjadi sesuatu hal yang turun temurun dilakukan kan? Maka dari itu, sebagai orang tua untuk selalu bersikap bijak, dan menjadi contoh yang baik untuk si kecil. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar