Fakta Surrogate Mother, Fenomena Sewa Rahim untuk Punya Anak yang Menyandung Artis Zheng Shuang

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 22 Januari 2021 12:37
Fakta Surrogate Mother, Fenomena Sewa Rahim untuk Punya Anak yang Menyandung Artis Zheng Shuang
Beberapa hal tentang fenomena jasa sewa rahim yang cukup umum di beberapa negara.

Dunia hiburan China dikejutkan dengan sebuah skandal yang menimpa artis bernama Zheng Shuang. Wanita yang membintangi serial drama Love O2O itu dikabarkan menyewa jasa surrogate mother atau ibu pengganti untuk mengandung anaknya dan sang kekasih.

Dilansir dari Liputan6, hubungan Zheng Shuang dan kekasihnya, Zhang Heng, nggak berakhir dengan baik. Zheng Shuang dikabarkan ingin menggugurkan bayi yang sudah terlanjur dikandung oleh dua ibu pengganti tersebut.

Namun hal itu nggak bisa dilakukan. Akhirnya dua bayi itu lahir dan berada di Amerika Serikat bersama dengan Zhang Heng.

Fenomena ibu pengganti ini ternyata sudah cukup umum terjadi di beberapa negara. Berikut beberapa fakta tentang surrogate mother.

1 dari 4 halaman

Fenomena surrogate mother

Ilustrasi hamil anak kembar © Diadona

Dilansir dari Healthline, fenomena surrogate mother ternyata cukup populer di kalangan selebriti luar negeri. Nama-nama besar seperti Kim Kardashian, Sarah Jessica Parker, dan Jimmy Falon ternyata juga melakukan metode ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Semakin banyak orang yang menggunakan jasa ibu pengganti untuk melakukannya.

2 dari 4 halaman

Alasan memilih ibu pengganti

Ilustrasi Hamil © Diadona

Jatuh cinta, pacaran, dan menikah menjadi beberapa fase umum yang terjadi dalam kehidupan banyak orang. Setelah menikah, pasangan akan mulai mempertimbangkan kehadiran anak di tengah kehidupan mereka.

Namun seperti yang kita ketahui, nggak semua pasangan beruntung untuk bisa memiliki anak sendiri. Ibu pengganti hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pasangan yang Tertutup © Diadona

Pasangan yang mengalami masalah kesuburan atau seseorang yang ingin punya anak kandung biasanya menggunakan jasa ibu pengganti dengan menyewa rahim mereka. Selain itu, beberapa hal berikut juga bisa menjadi alasan seseorang menggunakan jasa ibu pengganti:

1. Masalah kesehatan

Masalah kesehatan biasanya memengaruhi kehamilan seorang wanita, beberapa wanita dengan kondisi tertentu bahkan nggak dianjurkan untuk hamil.

2. Masalah kesuburan

Masalah infertilitas mencegah pasangan untuk bisa hamil, bahkan keguguran juga sering menjadi masalah.

3. Keinginan punya anak kandung

Ada beberapa orang yang memutuskan untuk nggak menikah tapi ingin punya anak dan berakhir menggunakan ibu pengganti.

4 dari 4 halaman

Jenis surrogate mother

ilustrasi hamil © Diadona

Istilah 'surrogacy' umumnya digunakan untuk menggambarkan beberapa skenario sebagai berikut:

1. Seorang ibu pengganti hamil dengan menggunakan sel telur dan sperma milik orang yang menyewa jasanya atau donor. Kehamilan terjadi melalui fertilisasi in vitro (IVF).

2. Seorang ibu pengganti menyumbangkan sel telurnya dan mengandung untuk individu atau pasangan lain. Kehamilan biasanya terjadi melalui inseminasi intrauterine (IUI) dengan sperma dari ayah. Sperma donor juga bisa digunakan.

Namun setiap negara memiliki peraturan yang berbeda-beda tentang hal ini. Di Amerika Serikat, jasa ibu pengganti sudah cukup umum dilakukan.

Bahkan ada beberapa agen khusus yang menyediakan jasa tersebut. Sementara itu, di Indonesia hal ini masih cukup asing dan nggak umum dilakukan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar