Bayi yang Lahir Caesar Cenderung Berkembang Lebih Lambat di Tahun Pertama

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 27 Juni 2021 08:37
Bayi yang Lahir Caesar Cenderung Berkembang Lebih Lambat di Tahun Pertama
Penelitian membandingkan perkembangan bayi yang lahir caesar dan normal.

Banyak perempuan yang berharap bisa melahirkan bayi mereka secara normal. Namun terkadang situasi membuat caesar menjadi pilihan yang paling baik.

Tapi ternyata ada juga fenomena di mana ibu merasakan ketakutan akan rasa sakit dan menganggap bahwa operasi caesar aman untuk bayi dan lebih nyaman. Padahal ada risiko dari melahirkan bayi secara caesar lho!

Sebuah penelitian menemukan bahwa operasi caesar memberikan dampak negatif pada perkembangan bayi antara usia empat dan 12 bulan jika dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal. Berikut informasi selengkapnya!

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Menangis © Diadona

Dilansir dari The Conversation, penelitian tersebut mengamati 66 bayi yang lahir melalui operasi caesar terencana dengan 325 bayi yang lahir secara normal. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk memahami dampak metode persalinan terhadap perkembangan bayi.

Ditemukan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar terencana punya skor lebih buruk dari indikator perkembangan bayi pada usia empat bulan. Perbedaan terbesar terlihat pada keterampilan motorik halus jika dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal.

Namun pada usia 12 bulan, perbedaan tersebut mulai berkurang kecuali pada keterampilan motorik kasar. Bayi yang lahir secara normal masih lebih unggul dalam hal ini.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Penelitian lain menemukan bahwa bayi yang lahir dengan operasi caesar terencana lebih memiliki risiko masalah pernapasan setelah lahir, obesitas, dan diabetes pada masa kanak-kanak. Selain itu, ada juga risiko perkembangan belajar yang buruk di masa sekolah.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa mungkin kondisi ini disebabkan oleh operasi caesar yang mengubah cara bayi menyesuaikan sirkulasi darah dan pernapasannya untuk hidup di luar rahim. Bayi yang lahir melalui operasi caesar nggak mengalami ketegangan atau stres saat melahirkan secara normal.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Stres tersebut ternyata membantu bayi untuk menyesuaikan sirkulasi dan pernapasan di luar rahim. Kelahiran normal juga tampaknya memprogram gen bayi melalui proses metilasi DNA. Metilasi DNA adalah bagian dari sistem yang mengarahkan gen mana yang " aktif" dalam tubuh, dan gen mana yang " mati" .

Para peneliti belum tahu mengapa proses ini nggak terjadi dengan cara yang sama selama operasi caesar. Untuk itu, melahirkan secara normal masih sangat dianjurkan oleh para ibu.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar