Tips Membesarkan Buah Hati dengan Jarak Usia Berdekatan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 Juni 2021 10:17
Tips Membesarkan Buah Hati dengan Jarak Usia Berdekatan
Ini Mom beberapa tipsnya.

Mengurus anak sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan ya Mom apalagi kalau ibu mengurusnya sendiri tanpa bantuan baby sitter atau saudara. Belum lagi kalau ternyata ibu sudah hamil lagi padahal anak masih menyusui alias kesundulan sehingga jarak usia buah hati pun jadi berdekatan.

Sebenarnya, terkadang ada orang tua yang memang sengaja mempunyai anak dengan usia yang berdekatan agar ngurusinnya sekalian. Namun, ada pula yang disebabkan karena kesundulan sehingga memang tidak direncanakan. Dilansir dari laman ibupedia.com, berikut beberapa tips saat membesarkan buah hati dengan jarak usia yang berdekatan.

1 dari 5 halaman

Istirahat Saat Lelah

Ilustrasi Keluarga Berduka © Diadona

Mengurus anak-anak memang bisa terasa begitu melelahkan apalagi kalau dilakukan sendirian. Oleh sebab itulah, ibu perlu beristirahat ketika merasa begitu lelah untuk menjaga kesehatan serta kewarasan. Rasa lelah berlebihan yang ditahan sendiri, hanya akan membuat ibu makin stres dalam mengurus buah hati. Luangkan waktu untuk diri sendiri serta beristirahat mengumpulkan energi.

2 dari 5 halaman

Mintalah Bantuan

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Saat ibu merasa sudah kelelahan dan kewalan dalam mengurus anak-anak, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada suami ketika ia sedang berada di rumah. Tugas mengurus anak tentu bukan hanya milik ibu saja, tetapi ayah pun juga harus membantu. Kalau ayah memang terlalu sibuk, ada baiknya ibu meminta bantuan kepada orang tua, saudara atau menggunakan jasa baby sitter.

3 dari 5 halaman

Siapkan Mainan atau Camilan untuk Anak-Anak

ilustrasi keluarga © Diadona

Ibu bisa menyiapkan mainan-mainan yang disukai oleh anak-anak agar mereka tetap anteng bermain bersama dengan pengawasan dari ibu. Siapkan pula camilan-camilan untuk mereka agar anak makin betah saat bermain sehingga ibu bisa menyimpan energi dulu ketika mereka sedang asyik main bersama.

4 dari 5 halaman

Memberikan Kasih Sayang dan Perhatian Secara Adil

Ilustrasi keluarga © Diadona

Anak dengan jarak usia yang berdekatan biasanya mudah iri dengan saudaranya apalagi kalau ibu lebih banyak menghabiskan waktu dengan si adik misalnya. Oleh karena itu, pastikan orang tua tetap adil memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anaknya agar mereka pun jadi rukun dan saling menyayangi satu sama lain.

5 dari 5 halaman

Libatkan Anak untuk Melakukan Hal-Hal Kecil

Ilustrasi Keluarga dan Gadget © Diadona

Biasanya, anak suka dilibatkan saat ibu melakukan berbagai aktivitas. Hal ini pun juga bisa dilakukan ketika ibu mengurus si adik. Cobalah, minta bantuan kakak untuk mengambilkan popok, menemani adik, atau melakukan hal kecil lainnya sehingga si kakak pun jadi makin dekat dengan adiknya.

Itu beberapa tips yang bisa ibu lakukan dalam merawat anak-anak dengan jarak usia yang berdekatan. Kalau Mom punya tips lainnya, tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar