Anak Punya Kebiasaan Nyuri, Ikuti 5 Cara Ini Biar Dia Gak Jadi Klepto!

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 25 April 2020 07:37
Anak Punya Kebiasaan Nyuri, Ikuti 5 Cara Ini Biar Dia Gak Jadi Klepto!
Jangan dibiarin, kebiasaan nyuri bisa bahaya buat anak sampai dewasa!

Kleptomania pada dasarnya adalah keinginan seseorang untuk mencuri atau mengambil barang yang bukan miliknya. Biasanya barang yang dicuri justru kurang berharga, tapi kebiasaan ini nggak bisa disepelekan lho!

Dari yang saya baca di Times of India, anak-anak biasanya punya kebiasaan mencuri karena mengalami tekanan di lingkungan teman-temannya. Mereka biasanya punya keinginan untuk mengambil dan mendapatkan sesuatu tanpa membayar.

Tapi kebiasaan ini bisa dimiliki anak sampai dewasa kalau nggak dihentikan lho. Jika kita memergoki anak memiliki kebiasaan mencuri, akan lebih baik kita melakukan pencegahan berikut ini.

1 dari 5 halaman

Ajarkan anak tentang kejujuran

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © parentmap.com

Pikiran seorang anak hampir mirip seperti tanah liat yang bisa dibentuk dengan mudah. Kita bisa mengajarinya perbedaan antara membeli secara jujur dan mencuri barang yang nggak baik untuk dilakukan.

Beri anak nasihat tentang hal buruk yang akan dia alami jika dia melakukan tindakan nggak jujur seperti mencuri. Hargai setiap kejujuran yang anak lakukan dan dorong dia untuk nggak mengulangi tindakan buruk itu di masa depan.

2 dari 5 halaman

Menegur bukan memarahi

ilustrasi ibu marah pada anakilustrasi ibu marah pada anak © herviewfromhome.com

Selalu ada cara untuk membuat anak menyadari kesalahan yang dia lakukan. Memarahi anak justru seringkali menghilangkan fokus kita dari masalah utama.

Pastikan untuk mengetahui alasan mengapa anak memutuskan untuk mencuri. Nada bicara yang kita gunakan harus cukup kuat untuk membuat anak menyadari betapa salahnya hal yang dia lakukan. Tapi kita nggak boleh terlalu keras dan membuat anak merasa takut untuk menjawab.

3 dari 5 halaman

Ajari anak meminta maaf atas kesalahan yang dia lakukan

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © 2019 https://www.diadona.id / @ pexels

Jika anak sudah mau jujur kalau dia telah mencuri, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak meminta maaf. Entah membuatnya meminta maaf pada penjaga toko atau membuatnya menulis catatan permintaan maaf. Dengan cara ini dia nggak hanya akan belajar dari kesalahan yang dia perbuat, tapi anak juga akan belajar untuk nggak mengulanginya lagi.

4 dari 5 halaman

Kenali lingkaran pertemanan anak

ilustrasi anak sekolahilustrasi anak sekolah © chatelaine.com

Seringkali lingkungan pertemanan anak mempengaruhi tindakan yang dia lakukan. Bisa jadi anak kita berteman dengan anak-anak yang kurang baik sehingga dia mengembangkan sikap buruk dari situ. Untuk itu, penting bagi setiap orang tua untuk memantau teman-teman anak agar bisa mencegah hal yang nggak kita inginkan.

5 dari 5 halaman

Mengajarkan anak tentang kepemilikan

ilustrasi ibu dan anak perempuanilustrasi ibu dan anak perempuan © thepragmaticparent.com

Mengajarkan anak tentang kepemilikan sesuatu bisa membuatnya lebih memahami bahwa kebiasaan mencuri merupakan tindakan yang buruk. Buat mereka mengerti bahwa dia nggak bisa mengambil barang milik orang lain seenaknya. Biasakan anak untuk membeli dan membayar barang-barang yang dia inginkan dan butuhkan.

Itulah beberapa tips menghilangkan kebiasaan mencuri pada anak. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar