Baru Berusia Sebulan Bayi Citra Kirana Sudah Sadar Kamera, Aman Gak sih?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 28 September 2020 17:37
Baru Berusia Sebulan Bayi Citra Kirana Sudah Sadar Kamera, Aman Gak sih?
Bayi yang sadar kamera bahaya nggak sih?

Keberadaa smartphone dengan fitur kamera yang semakin canggih membuat masyarakat lebih mudah mengabadikan momen apa pun dalam kehidupan mereka. Nggak heran dong kalau banyak pasangan yang baru punya anak juga senang sekali mengambil foto anak mereka yang baru lahir.

Mengambil foto anak biasanya dilakukan untuk menyimpan momen pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain itu, kita pasti juga senang kalau bisa membagikan foto anak yang lucu ke media sosial.

Hal itu juga dilakukan oleh Citra Kirana dan Rezky Aditya. Bahkan anak mereka ini sudah punya akun Instagram sendiri lho.

Beberapa waktu yang lalu Citra juga mengatakan bahwa anaknya sudah mulai sadar kamera. Sebenarnya apakah hal ini normal untuk bayi?

1 dari 4 halaman

Anaknya mulai sadar kamera

Citra Kirana dan Rezky Aditya © Diadona

Dalam salah satu postingannya di Instagram, Citra menuliskan bahwa bayinya yang baru berusia sebulan sudah mulai sadar kamera. Bayi yang diberi nama Athar itu terlihat kompak saat berfoto bersama Citra dan juga Rezky.

" Athar kesayangan Mama dan Papa kayaknya mulai sadar kamera nih, jadi kompak kita foto bertiga lihat ke arah kamera," tulis Citra.

2 dari 4 halaman

Apakah berbahaya?

Usia Belum Genap Satu Bulan, Anak Citra Kirana dan Rezky Aditya Sudah Bisa Cari Nafkah Sendiri! © Diadona

Dilansir dari Tempo.co, Astrid WEN yang dikenal sebagai psikolog anak pernah mengungkapkan bahwa saat ini banyak orang yang nggak bisa menghindari kebiasaan menggunakan smartphone baik di dalam maupun di luar rumah. Astrid bahkan menyadari bahwa di zaman seperti ini banyak anak yang baru lahir tapi sudah diajak selfie oleh orang tuanya.

" Apalagi sekarang sudah zaman selfie. Anak baru lahir saja sudah diajak selfie, kan?" ungkap Astrid.

3 dari 4 halaman

Citra Kirana © Diadona

Melihat fenomena itu, menurut Astrid yang terpenting adalah orang tua nggak boleh memaksa anak untuk tersenyum di depan kamera. Sebaiknya orang tua membiarkan anak berpose sesuai keinginannya.

Astrid pun menyadari bahwa saat ini anak-anak mulai banyak yang lebih ekspresif dan sadar kamera. Meski demikan, orang tua sebaiknya tetap nggak memaksakan anak di depan kamera.

" Tapi, kembali lagi, jangan paksa dan bilang 'ayo senyum!' dan kalau si anak tidak senyum proses foto pun diulangi beberapa kali," ucap Astrid.

4 dari 4 halaman

Apakah flash kamera berbahaya untuk anak?

Iseng Bikin Akun Instagram Bayinya, Rezky Aditya dan Citra Kirana Kaget Followers-nya Capai 150 Ribu © Diadona

Sementara itu banyak orang tua yang percaya bahwa penggunaan flash kamera pada bayi bisa mengakibatkan kebutaan. Namun, dilansir dari Parenting.firstcry.com, sebuah penelitan ekstensif telah menemukan bahwa sebenarnya flash kamera nggak memengaruhi bayi sama sekali.

Sama seperti sumber cahaya lain seperti lampu tabung atau sinar matahari langsung, mungkin cahayas flash kamera akan menyilaukan mata bayi selama beberapa detik. Tapi ini nggak membahayakan penglihatan bayi dengan cara apapun.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar