Baby Claire Anak Shandy Aulia Makan Durian dan Bikin Netizen Debat, Sebenarnya Aman Gak sih?

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 18 Oktober 2020 07:37
Baby Claire Anak Shandy Aulia Makan Durian dan Bikin Netizen Debat, Sebenarnya Aman Gak sih?
Aman gak sih bayi diberi durian?

Makanan menjadi salah satu kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Makanya di fase pertumbuhan anak, orang tua biasanya harus pelan-pelan mulai mengajarkan mereka untuk makan makanan yang solid.

Namun Shandy Aulia baru-baru ini bikin heboh para netizen. Dia mengunggah video anaknya yang akrab dipanggil Baby Claire saat sedang makan durian.

Seperti yang kita ketahui, Baby Claire baru memasuki usia 8 bulan saat ini. Masyarakat pun bertanya-tanya apakah boleh memberikan durian pada bayi berusia semuda itu?

Postingan Shandy kemudian mengundang perdebatan netizen di kolom komentar.

1 dari 4 halaman

Baby Claire makan durian

      View this post on Instagram

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Shandy Aulia mengunggah video Baby Claire yang sedang asyik memakan buah durian. Claire terlihat sangat lahap memakannya. Sementara Shandy beberapa kali menyuapkan buah durian itu pada Baby Claire.

"My durian baby girl @missclaireherbowo #8monthsoldbabygirl" tulis Shandy dalam postingannya.

2 dari 4 halaman

Perdebatan netizen

Shandy AuliaShandy Aulia © Instagram / shandyaulia

Postingan Shandy itu kemudian dibanjiri komentar dari netizen. Banyak yang berdebat tentang boleh tidaknya bayi diberi durian saat berusia di bawah satu tahun. Bahkan nggak jarang yang menghujat tindakan Shandy.

@aneistiana: Sebetulnya tidak disarankan bayi 1 thn ke bawah makan duren ya karena gulanya tinggi sama dg garam tdk disarankan. Tp boleh atau tidak? Ya boleh, hnya tidak disarankan. Kenapa tdk disarankan atau tdk boleh dlm jumlah bnyak, ya monggo di google. Klu cicip mah dikit2 ya boleh2 aja, kan ini buah2n ya. Tp klu garam icip2 ya asin egk ada anak yg suka

@dyahjanu: Anaknya yang dikasih duren gw yang sedih liatnya padahal dy tau ya dapetin anak susah

@putusylviani: its okay ya kakk umur sgitu kasi durian? bneran nanya nihh

@nerawati_harli: .duren?..buah yg byk gas nya...kasian anaknya

@ajenglutviah: Bukanya ga boleh yah

3 dari 4 halaman

Boleh nggak sih bayi makan durian?

Shandy Aulia dan Baby ClaireShandy Aulia dan Baby Claire © instagram @shandyaulia

Dilansir dari Babyment.com, selama masa ibu berada dalam masa menyusui sebenarnya nggak masalah mengonsumsi durian secukupnya. Buah durian punya energi sangat tingga dan kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi dan mangan yang bermanfaat karena bisa meningkatkan kualitas ASI.

Namun, sebaiknya ibu baru nggak makan durian terlalu banyak. Mengonsumsi durian berlebihan dapat menyebabkan panas pada tubuh yang kemudian mengakibatkan sembelit.

Sementara itu, pada bayi berusia 4 sampai 12 bulan sebenarnya nggak boleh diberi buah durian. Durian memiliki kandungan gula dan serat yang tinggi sehingga nggak baik untuk bayi.

4 dari 4 halaman

Kapan anak boleh mencicipi durian?

Bayi baru boleh mencicipi durian saat mereka berusia di atas satu tahun. Meski begitu, konsumsi durian pada bayi harus dibatasi karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.

Durian mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalsium, zat besi, zinc dan antioksidan lain yang bermanfaat bagi kesehatan anak secara umum. Namun, konsumsi yang berlebihan tentu akan berbahaya bagi mereka.

Semoga informasi ini menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar