Apa Tak Boleh Sama Sekali Bilang 'Jangan' Pada Anak?

Reporter : Riza Umami
Selasa, 13 Juli 2021 09:17
Apa Tak Boleh Sama Sekali Bilang 'Jangan' Pada Anak?
Ini jawabannya.

Buah hati mulai aktif ya Mom dan tingkahnya pun makin gak karu-karuan dan ada aja tiap harinya. Kalau sudah begini kata-kata yang sering diucapkan oleh orang tua adalah 'gak boleh' atau 'jangan'. Mom lagi ngalamin kayak gini juga gak sekarang?

Dilansir dari postingan di akun Instagram @ibupedia_id, sebenarnya terlalu sering mengatakan 'jangan' atau 'gak boleh' pada anak seperti ini, kurang baik lho. Hal ini karena bisa membuat anak jadi merasa dikekang oleh orang tuanya serta gerak-geriknya terlalu dibatasi.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu Marah © Diadona

Apalagi kalau buah hati usianya sudah makin besar, bukan tak mungkin dia lama-lama nanti akan berontak kalau terus-menerus dilarang untuk ini itu oleh orang tuanya. Kalau sudah begini, biasanya anak jadi sulit banget untuk dinasehatin.

2 dari 5 halaman

Selain itu, sangat mungkin larangan-larangan pada anak seperti ini akan membuat potensinya jadi terkubur. Tentu ibu tak mau anak sampai mengalami hal seperti ini bukan? Oleh sebab itulah, baiknya tidak terlalu sering mengatakan 'jangan' atau 'gak boleh' kepada anak.

Ilustrasi Ibu Marah © Diadona

3 dari 5 halaman

Namun, terkadang memang ada situasi darurat yang mengharuskan ibu mengatakan 'jangan' atau 'gak boleh' kepada anak. Sebagai contoh yaitu ketika dia mau memegang panci yang panas, memasukkan tangannya ke colokan listrik atau hal berbahaya lainnya.

Kemudian ada pula kondisi lainnya, misalnya yaitu ketika anak berperilaku yang bisa menyakiti dirinya sendiri atau orang lain, ketika anak merebut barang yang bukan miliknya dari anak lain serta saat buah hati melakukan tindakan bullying atau mungkin memaksakan keinginannya kepada orang lain.

4 dari 5 halaman

ilustrasi ibu marah © Diadona

Lantas, apa ya yang bisa diucapkan untuk menggantikan kata 'jangan' kepada anak? Sebenarnya ada kata-kata yang lebih positif yang bisa ibu gunakan pada buah hati selain 'jangan' dan 'gak boleh'. Sebagai contoh, dibandingkan mengatakan 'Jangan lari', ibu bisa menggunakan kata-kata yang lebih positif misalnya 'Jalan pelan-pelan saja ya biar gak jatuh' dan masih banyak lagi contohnya.

5 dari 5 halaman

Kemudian apa yang perlu dilakukan ketika ibu terlanjur bilang 'jangan' atau 'gak boleh' kepada anak? Sebenarnya tak apa-apa sesekali asal tidak terlalu sering dan cobalah untuk terus mengurangi menggunakan kata-kata tersebut, lebih baik gunakan yang lebih positif.

Ketika ibu melarang anak untuk melakukan sesuatu, lebih baik jelaskan juga dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak mengapa ia tidak boleh melakukannya. Dengan mengetahui alasannya anak pun jadi lebih paham. Selain itu, hindari pula menggunakan hukuman kepadanya. Itulah penjelasan mengenai kata 'jangan' dan 'gak boleh' yang sebaiknya tidak digunakan pada anak, semoga bermanfaat.

Beri Komentar