Pentingnya Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak di Masa-masa Pertumbuhan, Apa Saja Sih?

Reporter : Kurnia
Rabu, 19 Januari 2022 13:17
Pentingnya Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak di Masa-masa Pertumbuhan, Apa Saja Sih?
Tidur siang bisa meningkatkan fungsi otak dan berpengaruh untuk kecerdasan anak loh, Moms..

Manfaat lainnya untuk anak-anak di masa pertumbuhan apa saja?

Well Moms, tidur siang adalah salah satu cara optimal yang dapat meningkatkan kualitas dan perkembangan otak loh. Lebih lanjut lagi, tidur siang juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan hormone yang dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak loh.

Seperti yang dirangkum oleh Diadona.id dari berbagai sumber, mencukupi kebutuhan tidur si kecil dan memberikan makanan bernutrisi sangat menunjang kesehatan dan kecerdasan si kecil loh. Lantas, apa saja sih manfaat tidur siang selain untuk menunjang kecerdasan si kecil?

1 dari 6 halaman

Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

Yang pertama, tidur siang tentu saja bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh kembang anak di masa-masa pertumbuhan mereka.

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak-anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan lebih optimal dibandingkan dengan mereka yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang loh, Moms.

Mengapa demikian? Dari hasil penelitian yang sama, hal ini disebabkan oleh hormon pertumbuhan yang akan lebih aktif berproduksi saat anak tidur di siang hari.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Anak menjadi lebih cerdas karena daya ingat mereka yang tajam.

Yups, tidur siang secara rutin yang dilakukan oleh anak-anak menurut penelitian di University of Massachusetts Amherst dapat meningkatkan daya ingat mereka, loh.

Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal dan mereka bisa menjadi lebih cerdas, fokus, dan konsentrasi.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Kecerdasan

Ilustrasi anak tidur siangIlustrasi anak tidur siang © popsugar.com

Moms, sudah tahu belum jika tidur siang meningkatkan kewaspadaan, menurunkan stres, serta meningkatkan fungsi kognitif, terutama pada anak-anak loh. Fungsi kognitif ini termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Selain menambah energi, tidur siang yang cukup membantunya lebih fokus berkonsentrasi dan menyaring informasi yang diberikan. Inilah yang dimaksud tidur membantu meningkatkan kecerdasan anak.

4 dari 6 halaman

Mencegah Obesitas

Selain untuk kecerdasan, tidur siang juga memiliki manfaat yang menjelaskan bahwa istirahat di siang hari dapat menurunkan risiko obesitas, loh. Hal ini dikaitkan dengan munculnya kecenderungan anak untuk makan lebih banyak saat ia lelah.

Ketika anak mengalami peningkatan nafsu makan, mereka juga cenderung memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang kurang baik. Selain itu, kelelahan juga akan membuat anak kurang aktif, sehingga berat badan pun lebih mudah naik.

5 dari 6 halaman

Mempermudah Anak Tidur di Malam Hari

ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur © happyfamilyorganics.com

Tidur siang dapat membantu mengurangi rasa lelah akibat seharian bermain dan beraktivitas. Kelelahan adalah salah satu faktor yang dapat memicu anak lebih sulit tidur di malam hari. Itulah sebabnya, tidur siang justru akan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari.

Beri Komentar