Anak Terlalu Manja? Didik Menggunakan Cara Sederhana Ini

Reporter : Mila
Kamis, 26 Desember 2019 12:18
Anak Terlalu Manja? Didik Menggunakan Cara Sederhana Ini
Manja akan membuat anak kesulitan untuk mengatur hidupnya di masa depan.

Anak memang sumber kebahagian orang tua. Kerap kali orang tua menuruti segala kemauan dan permintaan anak. Hal ini yang membuat anak menjadi sosok anak manja. Oleh karena itu orang tua dapat mendidiknya menjadi anak yang lebih mandiri.

Karena karakter dan kepribadian setiap anak berbeda-beda, maka dibutuhkan penanganan dan cara didik yang berbeda pula. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara sederhana untuk mendidik anak agar tidak manja lagi. Dikutip dari Verywellfamily (17/12), inilah cara yang bisa orang tua coba untuk mendidik anak agar tidak manja.

1 dari 4 halaman

Libatkan dalam Aktivitas Sosial

Aktivitas sosial dapat membantu anak menumbuhkan rasa empatinya. Hal ini dapat dimulai dari gerakan sederhana seperti mengumpulkan mainan yang masih layak pakai untuk disumbangkan ke anak-anak yang lebih membutuhkan. Orang tua juga bisa melibatkan anak dalam membuat kue yang nantinya akan dibagikan ke tetangga. Dengan begitu, ia lebih peduli terhadap orang lain sehingga tidak jadi anak yang manja lagi.

2 dari 4 halaman

Memberi Pujian Seperlunya

Memang benar bahwa pujian baik untuk perkembangan psikologis anak, asalkan pemberian pujian tersebut tidak berlebihan. Jadikan pujian sebagai motivasi untuk membantu anak jadi lebih baik, bukan membuat anak merasa terlalu dimanjakan.

3 dari 4 halaman

Beri Tanggung Jawab

Memberi anak sebuah tanggung jawab dapat menghilangkan sifat manjanya secara berangsur-angsur. Cobalah mulai dari yang sederhana, seperti tanggung jawab atas pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau menyapu rumah. Tak lupa untuk memberi anak pemahaman bahwa kita sebagai manusia tidak bisa selalu bergantung pada orang lain untuk melakukan suatu hal.

4 dari 4 halaman

Biasakan Berkata Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Biasakan anak untuk berkata maaf saat melakukan kesalahan, berkata tolong saat meminta sesuatu atau pertolongan, dan berkata terima kasih saat menerima kebaikan orang lain. Ketiga hal ini mungkin terdengar sepele, namaun dapat membantu tumbuh kembang anak agar tidak menjadi anak yang manja.

Itu tadi cara mendidik anak agar tidak manja. Cukup mudah bukan? Dengan melakukan hal ini secara berkala, maka anak akan secara otomatis mengurangi sifat manjanya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Beri Komentar