Anak Pas Dilarang Malah Makin Dilakuin, Gimana Ya Mom Mengatasinya?

Reporter : Riza Umami
Senin, 4 September 2023 21:11
Anak Pas Dilarang Malah Makin Dilakuin, Gimana Ya Mom Mengatasinya?
Ini nih beberapa cara untuk mengatasinya.

Tidak jarang orangtua menghadapi situasi di mana anak mereka cenderung melawan larangan dan melakukan hal-hal yang dilarang. Ini adalah bagian normal dari perkembangan anak dan pengalaman orangtua.

Namun, bagaimana kita menangani perilaku ini dapat memiliki dampak besar pada perkembangan dan hubungan dengan anak. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sikap anak yang gak mau nurut dan malah melakukan sesuatu yang orang tua larang.

1 dari 5 halaman

Pahami Perkembangan Anak

Ilustrasi Ibu dan Anak, serta Pengasuh © Diadona

Pertama-tama, penting untuk memahami tahap perkembangan anak Mom. Anak-anak lebih cenderung untuk menjelajahi batasan dan menguji otoritas saat mereka tumbuh. Ini adalah cara mereka belajar tentang dunia dan menemukan batasan-batasan yang diberlakukan oleh orangtua.

Beri Penjelasan yang Jelas

Terkadang, anak-anak melanggar larangan karena mereka tidak benar-benar memahami mengapa sesuatu dilarang. Cobalah memberikan penjelasan yang sederhana dan jelas tentang mengapa perilaku tersebut tidak diperbolehkan. Hindari penjelasan yang rumit atau berlebihan yang mungkin sulit dipahami oleh anak.

2 dari 5 halaman

Konsistensi

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Konsistensi adalah kunci dalam mengatasi perilaku yang melanggar larangan. Pastikan Mom dan Dad memiliki aturan yang konsisten dan bersikap tegas terhadap mereka. Anak perlu tahu bahwa aturan akan ditegakkan setiap kali, sehingga mereka tidak merasa bisa menghindarinya.

Bicarakan Konsekuensi

Setiap tindakan memiliki konsekuensi. Jelaskan dengan jelas kepada anak tentang konsekuensi yang akan mereka hadapi jika mereka melanggar aturan. Pastikan konsekuensi yang diberikan relevan dengan tindakan yang melanggar aturan tersebut.

3 dari 5 halaman

Ajarkan Keterampilan Penyelesaian Masalah

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Bantu anak Mom mengembangkan keterampilan penyelesaian masalah. Ini akan membantu mereka merespon situasi yang sulit dengan cara yang lebih positif. Ajarkan mereka cara mengatasi frustasi dan marah secara sehat.

Berikan Alternatif yang Positif

Daripada hanya mengatakan " jangan lakukan itu," berikan alternatif yang positif. Misalnya, jika anak Mom suka merobek buku, berikan pilihan buku yang cocok untuk dibaca atau aktivitas lain yang dapat mereka lakukan dengan buku.

4 dari 5 halaman

Beri Contoh yang Baik

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Anak-anak belajar dari contoh yang mereka lihat. Berikan contoh perilaku yang sesuai dan patut dicontohkan. Jika anak melihat Mom menghormati aturan, mereka lebih cenderung mengikuti contoh tersebut.

Komunikasi Terbuka

Buatlah lingkungan di mana anak merasa nyaman berbicara tentang perasaan dan frustrasi mereka. Ini dapat membantu Mom memahami mengapa mereka mungkin melanggar aturan dan mencari solusi bersama.

5 dari 5 halaman

Bersabar

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ingatlah bahwa mengubah perilaku memerlukan waktu. Bersabarlah dengan anak Mom dan tunjukkan dukungan serta kasih sayang selama proses ini. Meski butuh waktu dan kesabaran, kalau dilakukan dengan konsisten, pasti nanti lama-lama anak akan mendengarkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan saat anak susah banget dibilangin dan malah melakukan apa yang dilarang oleh orang tua. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu ya Mom, selamat mencoba!

Beri Komentar