Bagaimana Cara supaya Akrab dengan Anak seperti Sahabat Sendiri?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 Agustus 2023 19:34
Bagaimana Cara supaya Akrab dengan Anak seperti Sahabat Sendiri?
Ini nih beberapa cara yang perlu Mom dan Dad lakukan.

Membangun hubungan yang akrab dengan anak seperti sahabatnya sendiri memerlukan waktu, usaha, dan komunikasi yang mendalam bagi orang tua. Ini sebenarnya bukan hal yang mudah.

Meski begitu, hal tersebut juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Mom menjalin hubungan yang erat dengan anak.

1 dari 5 halaman

1. Dengarkan dengan Penuh Perhatian

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan anak Mom ketika dia ingin berbicara. Fokuskan perhatian Mom pada apa yang dia katakan, dan jangan bersikap terburu-buru. Ini akan membantu anak merasa dihargai dan didengarkan.

2. Berbicara Terbuka dan Jujur

Ajarkan anak untuk merasa nyaman berbicara dengan Mom tentang apapun, bahkan hal-hal yang mungkin sulit atau sensitif. Menunjukkan bahwa Mom dapat dipercaya untuk berbicara tentang apapun akan memperkuat hubungan tersebut.

2 dari 5 halaman

3. Bersama-sama Lakukan Kegiatan Menyenangkan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Habiskan waktu berkualitas bersama-sama dengan anak. Mom dan Dad bisa mengajak anak melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama seperti main ke taman, main video game, nonton film, bermain lego dan lain sebagainya.

4. Ajukan Pertanyaan dan Berbicara tentang Minat Anak

Tunjukkan minat yang tulus pada hal-hal yang penting bagi anak Mom. Tanyakan tentang hari mereka, teman-teman, dan minat mereka. Ini akan membuka peluang untuk percakapan yang lebih dalam.

3 dari 5 halaman

5. Jangan Hanya Menjadi Orang Tua, Tapi Juga Teman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Selain mengambil peran sebagai orang tua, cobalah menjadi teman yang bisa diajak bicara, berbagi cerita, dan tertawa bersama. Namun, tetaplah memberikan batasan dan arahan saat diperlukan.

6. Hargai dan Hormati Perasaan Anak

Tunjukkan pengertian dan empati pada perasaan anak Mom. Ketika mereka merasa dipahami dan dihargai, hubungan antara Mom dan buah hati pun akan semakin kuat serta mendalam.

4 dari 5 halaman

7. Jadwalkan Waktu Khusus

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Sediakan waktu khusus di mana Mom bisa fokus sepenuhnya pada anak Mom. Jadwalkan aktivitas seperti berbicara atau bermain bersama tanpa gangguan dari hal lain.

8. Beri Kebebasan dan Tanggung Jawab

Berikan anak kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka dan membuat keputusan. Memberi mereka tanggung jawab sesuai usia mereka juga dapat membangun rasa percaya diri dan mandiri.

5 dari 5 halaman

9. Berbagi Pengalaman Pribadi

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Ceritakan cerita dari masa kecil Mom atau pengalaman hidup yang relevan. Ini dapat membuat anak merasa lebih dekat dengan Mom dan mengerti bahwa Mom juga pernah mengalami hal-hal serupa.

Ingatlah bahwa membangun hubungan akrab dengan anak memerlukan waktu dan usaha yang berkelanjutan. Setiap anak unik, jadi perhatikan perasaan dan minat mereka serta sesuaikan pendekatan Mom.

Beri Komentar