Anak-Anak Ternyata Berpotensi Membawa Virus Corona di Hidung, Ini Penjelasannya

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 1 September 2020 07:37
Anak-Anak Ternyata Berpotensi Membawa Virus Corona di Hidung, Ini Penjelasannya
Jangan sampai lengah, Moms!

Wabah corona masih menjadi hal yang menghantui kehidupan kita. Hingga saat ini kasus masih terus bermunculan dan belum ada tanda-tanda penurunan dari sebelumnya.

Bahkan masih belum bisa diketahui kapan wabah ini akan berakhir. Pada akhirnya kita hanya bisa tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyakit corona.

Sementara itu, dilansir dari Times of India, sebuah studi di Korea Selatan menemukan bahwa anak-anak ternyata bisa membawa virus corona di hidung mereka.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui dampak COVID-19 pada anak. Salah satu penelitian menemukan bahwa anak-anak berpotensi membawa virus dalam jumlah lebih banyak daripada kelompok usia lain.

Sementara sebuah studi baru-baru ini menyoroti temuan sebelumnya yang menunjukkan betapa berbahayanya kenyataan tersebut. Hal ini berkontribusi pada penyebaran penyakit.

2 dari 4 halaman

Sebuah studi sampel yang dilakukan di Korea Selatan pada anak-anak menemukan bahwa anak yang didiagnosis dengan COVID-19 bisa terus menyebarkan penyakit tersebut hingga tiga minggu. Hal ini sedikit lebih lama dari masa virus masuk ke dalam tubuh (saat penularan) sampai ke saat timbulnya penyakit tersebut.

Ditemukan juga bahwa sebagian besar COVID-19 terbatas pada saluran pernapasan bagian atas sehingga biasanya menginfeksi rongga hidung anak. Studi di Korea Selatan menemukan bahwa COVID-19 dapat bertahan di hidung anak hingga 3 minggu meski mereka punya gejala atau tidak.

3 dari 4 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Laporan itu menunjukkan bahwa meski anak-anak mungkin nggak terpengaruh dengan penyakit ini, namun mereka bisa menyebarkannya tanpa sadar. Hal ini tentu perlu kita waspasai sebagai orang tua.

COVID-19 pada anak seharusnya nggak boleh dianggap enteng. Anak harus tetap diisolasi secepatnya untuk menghindari penularan.

4 dari 4 halaman

Terlepas dari hal itu, kita harus tetap membiasakan hidup bersih untuk mencegah penyebaran virus corona. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus.

1. Memakai masker wajah
2. Batasi interaksi anak-anak di luar
3. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak
4. Protokol kesehatan harus dijalankan
5. Ajarkan pada anak tentang bahaya COVID-19 agar mereka juga waspada

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar