Ada 6 Sekolah yang Melarang Muridnya untuk Merayakan Ulang Tahun, Memang Kenapa Ya?

Reporter : Sofi
Senin, 4 Mei 2020 17:47
Ada 6 Sekolah yang Melarang Muridnya untuk Merayakan Ulang Tahun, Memang Kenapa Ya?
Apa ada dampak buruk yang ditimbulkan?

Mungkin ada beberapa di antara kita yang biasa merayakan ulang tahun anak di sekolah bersama teman-temannya. Dan itu bagi kebanyakan sekolah adalah hal yang biasa. Tapi beberapa sekolah di Singapura ini melarang muridnya untuk merayakan ulang tahunnya di sekolah.

Beberapa sekolah dasar di Singapura memberlakukan kebijakan melarang parayaan ulang tahun di sekolah secara mewah. Dilansir dari The News Paper, sekolah itu ada Dazhong Primary School, Pei Chun Public School, Geylang Methodist School, Oasis Primary School, Springdale Primary School dan Riverside Primary School.

1 dari 3 halaman

Alasan Dilarangnya Merayakan Ulang Tahun di Sekolah

Ilustrasi Anak Ulang Tahun © Diadona

Para sekolah ini mengaku menerapkan kebijakan itu untuk mencegah para murid membuat perbandingan antara mereka yang berasal dari keluarga kaya dengan yang kurang mampu. Tentu saja, membandingkan diri dengan orang lain akan berdampak buruk. Menurut penelitian, keinginan untuk saling membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menimbulkan rasa iri hati, rendahnya kepercayaan diri, dan depresi.

2 dari 3 halaman

Akibat yang Bisa Ditimbulkan

Ilustrasi Anak Makan Fast Food © Diadona

Selain itu, alasan adanya peraturan ini adalah untuk menghindari anak konsumsi junk food dan kemungkinan alergi makanan pada murid. Seperti diketahui jika junk food gak mengandung banyak nilai gizi untuk si kecil. Dilansir dari klikdokter.com, dalam junk food, hanya terkandung banyak gula dan garam. Dan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas hingga diabetes tipe 2 pada anak.

3 dari 3 halaman

ilustrasi anak ulang tahun © Diadona

Sebuah panduan telah diterapkan pada SD Riverside sejak sekolah itu dibuka pada tahun 2013, bahwa daripada merayakan dengan kue, paket hadiah, dan benda-benda lain yang dibawa ke sekolah. Para murid lebih baik untuk merayakannya secara sederhana dan lebih bermakna seperti menyanyikan lagu selamat ulang tahun di kelas.

Jadi dengan mengurangi kebiasaan merayakan ulang tahun di sekolah ini, bisa menghindari kecemburuan sosial yang terjadi di kalangan anak-anak ya Moms! Gimana menurut Moms? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar