5 Ucapan Orang Tua yang Sangat Suka Didengar Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 9 Februari 2021 07:37
5 Ucapan Orang Tua yang Sangat Suka Didengar Anak
Selain "I love you" dan "Ibu bangga sama kamu", ini beberapa kalimat yang senang didengan seorang anak.

Komunikasi dan interaksi yang baik merupakan kunci dari keharmonisan dalam keluarga. Kalau kita nggak menjaga komunikasi dengan anak, mereka lama kelamaan akan kehilangan sosok kita sebagai orang tua.

Beberapa orang mungkin senang menunjukkan kasih sayang melalui tindakan daripada ucapan. Namun terkadang anak-anak butuh ucapan sayang secara langsung dari orangtuanya lho Moms!

Dilansir dari akun Instagram AyahBunda (@ayahbunda_), berikut beberapa ucapan orang tua yang sangat suka didengar oleh anak-anaknya.

1 dari 5 halaman

"I Love You"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kalimat sederhana ini punya dampak yang begitu besar pada anak. Kita bisa mengucapkannya sebelum mereka tidur, berangkat sekolah, atau saat anak sedang sakit atau sedih.

Ucapkan kalimat ini dengan tulus sambil menatap mata anak dan memberikan kasih sayang dalam bentuk pelukan atau ciuman. Jangan sampai kita mengatakan hal itu tanpa ekspresi atau terlihat marah dan nggak peduli.

2 dari 5 halaman

"Aku bangga sama kamu"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kalimat ini merupakan penghargaan yang berarti untuk anak. Setiap anak selalu ingin orang tuanya bangga pada dirinya.

Ucapkan hal ini setelah anak berkelakuan baik seperti mematuhi larangan kita atau melakukan permintaan kita. Jangan lupa sertakan alasan mengapa kita merasa bangga pada anak.

3 dari 5 halaman

"Maaf"

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Kita harus selalu ingat bahwa kita nggak selalu benar sebagai orang tua. Terkadang kita juga bisa melakukan kesalahan pada anak meski nggak disengaja.

Makanya saat kita menyadari kesalahan kita, jangan lupa untuk meminta maaf pada buah hati. Sertakan penjelasan yang tulus untuk membuat anak memahami kondisi kita.

4 dari 5 halaman

"Aku memaafkanmu"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Sama seperti kita, anak mungkin juga melakukan kesalahan-kesalahan kecil dalam keseharian mereka. Selain mengajarkan anak untuk meminta maaf, kita juga harus memberikan respon atas permintaan tersebut.

Setelah selesai menegur anak dan mendapat permintaan maaf darinya, jangan lupa untuk mengatakan bahwa kita sudah memaafkan mereka. Jelaskan juga bahwa permintaan maaf diberikan bersama janji untuk nggak mengulangi tindakan itu lagi.

5 dari 5 halaman

"Aku mendengarkan"

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Banyak orang tua yang masih nggak sadar pentingnya memberikan kesempatan bicara pada anak. Ada kalanya anak ingin berpartisipasi dalam obrolan dan menyampaikan pendapatnya juga.

Saat anak melakukan hal itu, kita harus menunjukkan pada mereka bahwa mereka didengarkan. Simak ceritanya dengan baik sambil menatap matanya dan beri respon positif seperti tersenyum atau mengangguk.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar