4 Cara Mudah Agar Bayi Cepat Tidur

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 20 April 2021 07:37
4 Cara Mudah Agar Bayi Cepat Tidur
Intip tips membuat bayi cepat tidur.

Punya bayi menjadi hal yang sangat membahagiakan sekaligus menantang bagi banyak orang tua. Setelah lahir, bayi belum mempunyai rutinitas tidur yang jelas sehingga hal ini seringkali membuat jadwal tidur orang tua jadi berantakan.

Mereka bisa bangun tengah malam dan sulit untuk ditidurkan lagi. Nggak heran kalau banyak orang tua yang mulai punya kantung mata setelah punya bayi.

Namun bukan berarti nggak ada solusi untuk permasalahan ini. Dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa cara mudah untuk membuat bayi cepat tidur.

1 dari 4 halaman

Membuat bayi fokus pada suatu hal

Ilustrasi Bayi Tertawa © Diadona

Teknik pertama ini sangat mudah dan seringkali berhasil. Secara alamiah, bayi sangat ingin tahu dan matanya bergerak ke mana-mana karena ingin melihat lingkungan di sekitarnya.

Untuk itu, kita bisa membuat mata bayi fokus pada satu hal tertentu agar mata mereka cepat lelah dan akhirnya tertidur. Kita bisa menggantungkan benda di atas level horizontal mata bayi agar mereka bisa fokus pada benda tersebut.

2 dari 4 halaman

Menenangkan bayi dengan melingkarkan tangan di wajahnya

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Teknik kedua ini juga sangat mudah dilakukan dan ampuh pada bayi yang sudah agak mengantuk. Kita bisa mulai mengulukan tangan dengan lembut tanpa menyentuh wajah bayi.

Terus putar-putar tangan dengan gerakan lebih lambat juga bisa dilakukan. Ulangi hal ini beberapa kali hingga mereka tertidur.

3 dari 4 halaman

Goyangkan bayi hingga tertidur

ilustrasi menggendong bayi © Diadona

Teknik ketiga ini sudah cukup sering dilakukan oleh banyak orang tua. Menggoyangkan bayi memberikan rasa mirip dengan goyang buaian.

Saat bayi berada di dalam pelukan kita, letakkan tangan di pantat mereka dan mulailan menggoyangkannya dengan lembut. Hal ini juga akan menyebabkan sedikit goyangan di sekitar kepala yang kemudian membuat bayi tidur lebih nyenyak.

4 dari 4 halaman

Lakukan semua cara untuk hasil terbaik

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan mengombinasikan semua cara sebelumnya. Kita bisa mengayun bayi, menggoyangkan bayi, menggosok jari, dan lain sebagainya.

Kuncinya adalah dengan mulai melakukan semuanya sedikit lebih cepat dan mulai melambat jika bayi terlihat sudah akan tidur. Dengan begitu bayi bisa lebih mudah tidur dengan lelap.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar