5 Cara Menjaga Api Asmara Tetap Membara dalam Hubungan Pernikahan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 7 Januari 2022 15:15
5 Cara Menjaga Api Asmara Tetap Membara dalam Hubungan Pernikahan
Mengetahui jika kita dicintai menimbulkan perasaan luar biasa.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepedulian pada orang yang kita cintai. Tindakan ini akan menimbulkan perbedaan apakah hubungan itu saling mendukung atau justru membuat merana.

Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk mencintai, maka semakin banyak pula cinta yang akan kamu dapatkan sebagai balasan. Melansir dari Psychology Today, berikut ada 5 cara menjaga api asmara tetap menyala dalam pernikahan.

1 dari 6 halaman

1. Pahami perubahan akibat new normal

Ilustrasi Pasangan Suami IstriIlustrasi Pasangan Suami Istri © shutterstock.com/Dragon Images

Disadari atau tidak, pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam aspek kehidupan, termasuk pernikahan dan rumah tangga. Kita pun harus beradaptasi dengan situasi new normal yang diberlakukan.

Selama dua tahun terakhir ada banyak pengalaman baru yang dialami pasangan suami istri. Hal semacam inilah yang seharusnya bisa mengikat suami istri jadi semakin kuat. Bangunlah banyak hormon yang menimbulkan oksitosin untuk membuat hubungan suami istri jadi lebih akrab dan harmonis.

2 dari 6 halaman

2. Jadilah pendengar yang lebih baik

Belajar menjadi pendengar yang baik memang nggak mudah, tapi hal ini penting banget dalam menjalin hubungan utamanya pernikahan. Menjadi pendengar yang baik sama artinya dengan kamu berusaha memahami pasangan.

Coba deh untuk mendengar dan menanggapinya dengan lebih baik lagi. Cara ini juga menunjukkan jika kita bisa menghargai pasangan atau sebaliknya.

3 dari 6 halaman

3. Saling mendukung dalam kondisi apa pun

Ilustrasi Pasangan Suami IstriIlustrasi Pasangan Suami Istri © shutterstock.com/g/yolyailyasova

Situasi pandemi membuat banyak orang mengalami depresi dan keterpurukan. Itulah sebabnya, dukungan dan semangat dari orang-orang terdekatnya sangat dibutuhkan.

Dukungan yang diberikan pun nggak harus selalu mewah atau berlebihan. Cukup berada di sampingnya dan berusaha memenuhi apa yang diinginkannya jika memungkinkan.

4 dari 6 halaman

4. Sesekali bersikap genit boleh juga~

Semakin lama usia pernikahan, biasanya pasangan akan tampak lebih dewasa dan cenderung kaku. Padahal, penting banget loh untuk sesekali bersikap genit atau 'nakal' pada pasangan.

Kamu bisa menyesuaikan sikap dengan love language pasangan, entah memberi pujian manis, memberi hadiah, atau menikmati momen-momen bersama secara romantis. Sesekali lakukan hal tersebut untuk membuat kenangan manis bersama pasangan.

5 dari 6 halaman

5. Ciptakan kehidupan baru bersama

Ilustrasi Pasangan Suami IstriIlustrasi Pasangan Suami Istri © shutterstock.com/g/Makistock

Banyak perubahan yang terjadi di sekeliling kita dan hubungan pernikahan pun biasanya ikut menyesuaikan. Seiring bertambahnya usia pernikahan, ada baiknya jika kamu dan pasangan mulai menata kembali hidup di masa mendatang.

Ciptakan rencana kehidupan baru bersama. Entah pindah rumah ke lokasi yang baru atau merenovasi rumah untuk jadi tempat yang lebih nyaman ditinggali, diskusikan hal tersebut bersama pasangan. Ciptakan hal yang baru untuk menguatkan hubungan pernikahan kalian.

Beri Komentar