Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Begini Arti Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 24 Februari 2021 16:50
Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Begini Arti Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa!
Arti kata 'Gelay' punya konotasi negatif?

Belakangan ini kata 'gelay' ramai diperbincangkan di media sosial. Berawal dari sebuah video yang menampilkan Nissa Sabyan dengan nada manjanya mengucapkan kata 'gelay'.

Dalam video singkat itu Nissa berkata, "Assalamualaikum, kalian nungguin aku gak?" Tak begitu berapa lama, ada seseorang menyenggolnya. Nissa pun sontak bereaksi dengan manja dan mengatakan, "Gak mau. Gak suka. Gelay!".

Sontak kata ini pun langsung viral, lantaran diucapkan langsung oleh penyanyi religi yang sedang tertimpa gosip perselingkuhan dengan Ayus Sabyan, seorang pria beristri. Bahkan, kata 'gelay' sempat menduduki trending topic nomer satu di Twitter. Banyak orang yang kemudian memparodikannya di Instagram dan TikTok.

Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Begini Arti Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa!

1 dari 3 halaman

Kata 'Gelay' Menurut Ahli Bahasa

Viral kata 'gelay' menjadi topik perbincangan yang menarik bagi netizen. Tak sedikit pula yang penasaran dengan sebenarnya kata yang diucapkan Nissa tersebut.

Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Begini Arti Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa!Viral Kata 'Gelay' yang Diucapkan Nissa Sabyan, Begini Arti Sebenarnya Menurut Ahli Bahasa! © Youtube Cumicumi

Menurut Pakar Analisa Kata dan Istilah, Dewi Puspita, 'gelay' sendiri merupakah bahasa gaul yang kemungkinan besar diserap dari kata 'geli'.

" Menurut saya yang sempat bertanya dari anak-anak muda juga kata 'gelay' itu artinya geli. Sama seperti halnya kata 'jijik' jadi 'jijay'. Itu sama seperti bahasa gaul lainnya, diciptakan kaum muda untuk mengungkapkan sesuatu yang lebih mengekspresikan perasaan atau yang ada dipikirannya," jelas Dewi.

2 dari 3 halaman

Plesetan dari Kata ‘Gak Like’

Kata gelay pun menimbulkan sejumlah persepsi. Meskipun sebagian besar meyakini bahwa itu adalah plesetan kata 'geli' seperti yang dijelaskan sebelumnya, tapi ada juga yang mengatakan maksud kata 'gelay' yang diucapkan oleh Nissa Sabyan adalah plesetan dari kata ‘gak like’.

Karena diucapkan dengan nada yang manja, penyebutan kata ‘gak like’ pun seperti terdengar 'gelay'. Jadi, mungkin saja maksud dari Nissa yang mengatakan " Gak mau. Gak suka. Gelay!" adalah " Gak mau. Gak suka. Gak like!" .

3 dari 3 halaman

Bukan Berarti Negatif

Selain memperdebatkan arti sebenarnya dari kata 'gelay', banyak netizen yang menganggap bahwa kata yang diucapkan Nissa Sabyan itu bermakna negatif. Hal tersebut dibantah oleh Pakar Analisa Kata dan Istilah, Dewi Puspita.

" Kalau menurut saya bukan konotasi negatif ya, tapi lebih ke ekspresinya Nissa Sabyan. Meskipun cuma Nissa Sabyan yang paham maksud dia menyatakan 'gelay' itu. Tapi menurut saya tidak ada konotasi negatif, murni ekspresi dia saja. Seperti halnya kata 'gemoy' atau 'gemay' untuk menggantikan kata gemas," jelas Dewi.

Gimana nih menurut kalian, apa kalian tahu apa sebenarnya arti kata 'gelay' yang diucapkan Nissa Sabyan?

Beri Komentar