Tulis Curhatan Pilu, Aprilio Manganang Unggah Foto Dirinya Saat Jadi Wanita

Reporter : Kurnia
Senin, 2 Agustus 2021 10:16
Tulis Curhatan Pilu, Aprilio Manganang Unggah Foto Dirinya Saat Jadi Wanita
Pengalaman panjang yang berharga

Aprilio Manganang mengunggah foto lawasnya dengan keterangan pilu yang menceritahan perjalanan panjang hidupnya.

Melalui keterangan panjang di akun Instagramnya, Aprilio Manganang berbagi cerita, kisah pilu, hingga perjuangannya untuk sampai di titik terbaiknya.

Unggah foto transformasi dirinya pada Sabtu (31/7/2021), Aprilio Manganang tak segan bagikan foto saat dirinya masih menjadi wanita dan potret terbarunya sebagai anggota TNI Polri.

1 dari 5 halaman

Tranformasi Aprilia Santini Manganang Menjadi Aprilio Manganang

Aprilio Manganang © Diadona

Mantan atlet voli Indonesia berbakat, Aprilia Santini Manganang telah resmi menjadi seorang laki-laki yang bernama Aprilio Prakasa Manganang atau yang lebih akrab disapa Aprilio Manganang pada tahun 2020 lalu.

Melalui unggahan fotonya di Instagram, pria yang kini menjadi Anggota TNI itu ceritakan pengalaman hidupnya yang panjang dan berharga.

“ Saya tau rasa sakit yang kamu jalanin selama ini, tapi kamu harus tau kamu membukakan jalan yang terbaik, pasti mereka tidak tau apa yang kamu rasakan, jujur kamu sangat kuat jalani perjalanan hidup kamu demi orang tua dan kamu sudah buktikan itu,” tulis Aprilio.

“ Dengan omangan2 yang sangat sakit, caci maki dan kamu sendiri ga bisa jadi diri kamu sendiri, tapi kamu bisa lewatin semua itu,” lanjutnya.

Terima kasih pada kekuatan diri hingga bertranformasi seperti saat ini, Aprilio Manganang buktikan mampu sukses dengan perjalanan hidup yang tak biasa.

“ Sampai kamu membuka mata ini, bahwa kamu layak untuk hidup lebih baik dan dihargai, dan kamu membuktikan kesuksesan bukan berarti apa yang kita punya melainkan kebahagian jati diri dan hidup yang sesungguhnya, thanks Aprilia Santini Manganang” ??????????????????????????????????” tutup mantan atlet voli itu.

2 dari 5 halaman

Aprilia Manganang

Aprilia Manangang © Diadona

Aprilia Manangang merupakan seorang atlet voli yang berbakat. Namanya sering diincar tim voli nasional dengan bayaran tinggi.

Naasnya, ia harus berhenti menjadi seorang atlet setelah mengalami cederam serius. Seperti di foto yang diunggah, Aprilia merupakan wanita cantik dan berbakat.

3 dari 5 halaman

Aprilio Manangang

Aprilio Manganang © Diadona

Pada tahun 2016 silam, Aprilio Manganang juga resmi menjadi anggota TNI AD melalui jalur prestasi meski statusnya masih menjadi Aprilia. Pada saat itu juga, TNI AD merekrutnya sebagai anggota Korps Wanita Angakatan Darat.

Tahun 2021, menjadi tahun yang berharga baginya, di mana ia resmi ditetapkan sebagai seorang pria dengan nama Apilio Prakasa Manangan setelah melewati proses pemeriksaan.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Hidup Manganang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lirpa (@manganang92)

 

Manganang lahir dengan kelainan hipospadia kategori serius hingga mengharuskannya ditetapkan sebagai wanita.

Keterbasan ekonomi keluarga dan peralatan medis, Aprilia Manganang terpaksa menjadi seorang wanita berdasarkan fisiknya. Aprilio mengaku jika ia merasa terpaksa harus menjadi seorang wanita dan berdandan bak permepuan tulen.

5 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Unggahan Manganang tersebut mendapatkan banyak perhatian dan beragam komentar. Nggak sedikit yang memberikan pujian dan menghargai perjalanan panjang hidup Aprilio.

“ Pengalaman hidup yg patut dibukukan..bahkan bisa dijadikan film ..menginspirasi sekali pengalaman hidupnya..I'm your biggest fan,” tulis @itsmecongli.

“ Pengalaman hidup yg mahal ??????????,” balas @henhenhenhens.

Beri Komentar