Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia, Risiko, dan Keuangan yang Perlu untuk Diketahui

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 29 Januari 2021 11:00
Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia, Risiko, dan Keuangan yang Perlu untuk Diketahui
Udah sering dengar tapi pasti banyak yang belum tahu, yuk simak beberapa tujuan manajemen di bawah ini~

Tujuan manajemen secara umum adalah menangani fungsi-fungsi organisasi agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, tujuan dari manajamen ini juga untuk mencapai tujuan baik organisasi, sosial, ataupun individu secara efektif dan efisien.

Sebelum jauh ke pembahasan tujuan manajemen di berbagai hal, mari kita pahami dulu apa itu manajamen.

Melansir dari laman Merdeka, manajemen adalah proses perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, memimpin, memotivasi dan mengendalikan sumber daya manusia, sumber daya keuangan, fisik, dan informasi dari suatu organisasi untuk mencapai tujuannya secara efisien dan efektif.

Secara umum dan luas manajemen ini mempunyai tujuan sebagai berikut:

- Mendapatkan hasil maksimal dengan upaya minimum
- Meningkatkan efisiensi faktor-faktor produksi
- Kesejahteraan maksimum untuk pimpinan dam juga karyawan
- Perbaikan manusia & keadilan sosial

1 dari 4 halaman

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Ilustrasi Tujuan Manajemen © Diadona

Manajemen sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) di dalam organisasi bisnis. Tentunya ada beberapa tujuan sumber daya manusia dalam hal ini.

Tujuan manajamen sumber daya manusia yang paling utama adalah untuk mengoptimalkan kegunaan dari seluruh pekerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu, hal ini juga dapat diartikan sebagai sarana membantu para manajer fungsional atau manajer lini supaya mampu mengelola seluruh pekerja dengan cara-cara yang lebih efektif.

Menurut Barry Cushway, penulis buku Human Resource Management (1996), ada lima tujuan dari manajamen umber daya manusia.

1. Membuat kebijakan dan pertimbangan
2. Membantu perusahaan mencapai tujuan
3. Memberikan dukungan
4. Menyelesaikan masalah
5. Media komunikasi terbaik

2 dari 4 halaman

Tujuan Manajemen Risiko

Ilustrasi Tujuan Manajemen © Diadona

Nggak hanya sumber daya manusia, risiko juga memerlukan ilmu manajamen loh. manajemen risiko adalah cara mengatur, mengolah, serta mengorganisir setiap risiko-risiko yang akan terjadi atau dialami oleh setiap perusahaan atau badan usaha.

Seperti dilansir dari laman Akuntansilengkap.com, adapun untuk tujuan dari manajamen resiko ini adalah sebagai berikut:

1. Melindungi perusahaan dari tingkat risiko signifikan yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan.

2. Memberikan kerangka kerja manajemen risiko yang konsisten atas risiko yang ada pada proses bisnis dan fungsi-fungsi dalam perusahaan tersebut.

3. Mendorong menajemen untuk bertindak proaktif mengurangi risiko kerugian, menjadikan pengelolaan risiko sebagai sumber keunggulan bersaing, dan keunggulan kinerja perusahaan.

4. Mendorong setiap insan perusahaan untuk bertindak hati-hati dalam menghadapi risiko perusahaan, sebagai upaya untuk memaksimalkan nilai perusahaan demi mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

5. Membangun kemampuan mensosialisasikan pemahaman mengenai risiko dan pentingnya pengelolaan risiko.

6. Meningkatkan kinerja perusahaan melalui penyediaan informasi tingkat risiko yang dituangkan dalam peta risiko/risk map yang berguna bagi manajemen dalam pengembangan strategi dan perbaikan proses manajemen risiko secara berkesinambungan dan terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Tujuan Manajemen Keuangan

Ilustrasi Tujuan Manajemen © Diadona

Terakhir ada manajamen keuangan. Manajemen keuangan dalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Berkaitan dengan hal tersebut, manajamen keuangan ini juga memiki tujuan-tujuannya sendiri loh. Berikut adalah tujuan manajamen keuangan yang dilansir dari dari laman Management Study Guide:

4 dari 4 halaman

  • Memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.
  • Berkaitan dengan hal tersebut, manajamen keuangan ini juga memiki tujuan-tujuannya sendiri loh. Berikut adalah tujuan manajamen keuangan yang dilansir dari dari laman Management Study Guide:
  • Tujuan manajemen keuangan yang pertama yaitu untuk memastikan pasokan dana yang teratur dan memadai untuk masalah tersebut.
  • Lalu, untuk tujuan manajemen keuangan yang kedua yaitu untuk memastikan pengembalian yang memadai kepada pemegang saham yang akan bergantung pada kapasitas penghasilan, harga pasar saham, ekspektasi pemegang saham.
  • Selanjutnya, tujuan manajemen keuangan juga bisa untuk memastikan pemanfaatan dana yang optimal. Setelah dana diperoleh, dana tersebut harus digunakan semaksimal mungkin dengan biaya paling rendah.
  • Tujuan manajemen keuangan yang selanjutnya adalah untuk memastikan keamanan investasi, yaitu dana harus diinvestasikan dalam usaha yang aman sehingga tingkat pengembalian yang memadai dapat dicapai.
  • Tujuan manajemen keuangan yang teralhir yaitu untuk merencanakan struktur modal yang sehat dan harus ada komposisi modal yang sehat serta adil sehingga keseimbangan antara hutang dan modal ekuitas dapat terjaga.

Beri Komentar