Tujuan PBB serta Sejarah Terbentuknya dan Perannya sebagai Organisasi Internasional

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 27 Januari 2021 11:00
Tujuan PBB serta Sejarah Terbentuknya dan Perannya sebagai Organisasi Internasional
Tujuan PBB itu kayak gini loh~

Tujuan PBB yang paling utama adalah menjaga kedamaian di dunia dan juga keamanan internasional. Organisasi internasional terbesar di dunia ini didiran pada tahun 1945, hingga kini sebanyak 193 negara telah menjadi anggota organisasi ini.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations ini menjadi organisasi penting yang berperan dalam banyak permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia, seperti perdamaian dan keamanan, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, hak asasi manusia, terorisme, kemanusiaan dan keadaan darurat kesehatan, kesetaraan gender, tata kelola, produksi pangan, dan masih banyak lagi.

Lalu seperti apa awal mula berdirinya PBB sebagai organinasi yang berperan besar untuk berbagai masalah dunia internasional ini. Berikut adalah ulasan singkatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Sejarah Dibentuknya PBB

Ilustrasi Tujuan PBB © Diadona

Sebelum adanya PBB, dunia sudah memiliki organisasi cukup besar terlebih dahulu yaitu, LBB atau Liga Bangsa-Bangsa. LBB dibubarkan pada tahun 1946 yakni setelag PBB lahir.

PBB sendiri lahir pada tahun 1945, organisasi ini didirikan di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945 setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Dampak Perang Dunia II membuat banyak negara menginginkan perdamaian dan keamanan bersama. Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet kemudian berembuk untuk membuat organisasi perdamaian.

2 dari 5 halaman

Tiga negara tersebut merupakan pendiri dari PBB. Wakil dari tiga negara tersebut adalah Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt, Perdana Menteri Inggirs Winston Churchill, dan Perdana Menteri Uni Soviet Joseph Stalin.

Dengan mengadopsi tujuan LBB, tujuan PBB yang paling utama adalah menjaga keamanan dan perdamaian dunia. Pembentukan ini ditandai dengan piagam PBB yang ditandatangani oleh 50 negara di dunia.

3 dari 5 halaman

Tujuan PBB

Ilustrasi Tujuan PBB © Diadona

Melansir dari Liputan6.com, tujuan PBB selain menjaga kedamaian dan keamanan dunia adalah sebagai berikut:

Tujuan PBB secara umum

1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia.
2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia.
3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.
4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia.
5. Lalu, tujuan PBB adalah menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

4 dari 5 halaman

Tujuan PBB menurut preambul piagam

1. Menyelamatkan generasi mendatang dari bencana perang.
2. Memperteguh kepercayaan pada hak-hak asasi manusia, harkat dan derajat diri manusia dan persamaan hak bagi pria dan wanita, serta bagi semua bangsa baik besar maupun kecil.
3. Selanjutnya, tujuan PBB adalah menciptakan keadaan yang memungkinkan terpeliharanya keadilan dan penghormatan kewajiban yang timbul dari perjanjian internasional dan sumber internasional lain.
4. Terakhir, tujuan PBB adalah mendorong kemajuan sosial dan tingkat kehidupan yang lebih baik.

5 dari 5 halaman

Peran PBB sebagai Organisasi Dunia Internasional

Ilustrasi Tujuan PBB © Diadona

Sebagai organisasi terbesar di dunia, PBB pastinya memiliki peran tersendiri di dunia internasional. Apa saja peran PBB di mata dunia internasional?

Menjaga Perdamaian dan Keamanan Internasional

Perserikatan Bangsa-Bangsa dibentuk pada tahun 1945. Setelah kehancuran Perang Dunia Kedua, dengan satu misi utama yaitu pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

PBB melakukan ini dengan bekerja untuk mencegah konflik, membantu pihak yang berkonflik untuk berdamai, menjaga perdamaian, dan menciptakan kondisi yang memungkinkan perdamaian bertahan dan berkembang.

Melindungi Hak Asasi Manusia

Istilah hak asasi manusia disebutkan tujuh kali dalam Piagam Pendirian PBB, sehingga menjadikan promosi dan perlindungan hak asasi manusia sebagai tujuan utama dan prinsip panduan dari organisasi.

Pada tahun 1948, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia membawa hak asasi manusia ke dalam ranah hukum internasional. Sejak itu, Organisasi ini dengan rajin melindungi hak asasi manusia melalui instrumen hukum dan aktivitas di lapangan.

Memberikan Bantuan Kemanusiaan

Salah satu tujuan PBB, sebagaimana dinyatakan dalam Piagamnya, adalah " Untuk mencapai kerja sama internasional dalam memecahkan masalah internasional yang bersifat ekonomi, sosial, budaya, atau kemanusiaan."

PBB pertama kali melakukan ini setelah Perang Dunia Kedua di benua Eropa yang hancur, yang dibantu untuk dibangun kembali.

Beri Komentar